News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bapak Tiga Anak Ini Tetap Bertahan ditengah Pandemi Covid-19

Bapak Tiga Anak Ini Tetap Bertahan ditengah Pandemi Covid-19



RMT, Bukittinggi: Ditengah masa Tatanan Kehidupan Baru (TKB) saat ini beragam sektor  berupaya untuk bangkit dari dampak wabah pandemi virus corona.

Begitu halnya yang dialami oleh salah seorang pelaku UMKM  di kota Bukittinggi Muhammad Qoiyum (40), dirinya sudah menjalani sektor advertising  selama kurun waktu  12 tahun.  Berawal di 1998  silam ia mempelajari  seluk beluk advertising seperti reklame, sablon dan stempel bersama pengusaha asal Pesisir Selatan, dengan modal kepercayaan dan dedikasi yang diberikan oleh sang guru itu bapak 3 orang ini berniat membuka sendiri sektor  telah memberikan pengalaman untuk mengharungi dunia kerja kala itu. Di tahun 2002, keinginan untuk terjun berdikari berhasil ia wujudkan  dengan hanya  bermodalkan rupiah senilai 30.000. Namun, berkat kegigihan usahanya jerih payah dan keringat menjawab  keberhasilan menyelesaikan pendidikan tinggi di salah satu kampus negeri keagamaan di kota Bukittinggi. Kamis (30/07/2020)



Menurut Pria asal nagari Koto Baru Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya ini, untuk menjadi mengelola sebuah usaha pribadi harus didasari optimisme  mengedepankan kepercayaan terhadap pelanggan, lantaran hingga sekarang  M.Q Advertising yang dikelolanya itu tetap ramai dikunjungi kliennya, bahkan tak tanggung-tanggung  orderan menembus  wilayah luar Sumatera Barat.  Lebih jauh dikatakan, menjalani usaha ini bukan semata untuk meraup pundi  uang, Qoiyum merasakan  setiap hari rutinitasnya didukung dengan ukwah islamiyah, memperkokoh persaudaraan bersama konsumen jasa yang diberikan usaha rintisannya tersebut.




"Ya, bagi saya menjalani usaha ini didorong semangat menjalin silahturahmi dengan setiap orang, itu terbukti klien yang memesan jasa advertising tetap berlangganan dan tidak datang hanya sekali, bahkan ya seperti saudara sendiri.  Uang dapat dicari dan dikumpulkan,  jika banyak saudara tentu uang itu dapat saja datang dari saudara- saudara kita. Satu lagi yang saya pertahankan adalah kepercayaan orang lain, klien yang order dilayani prima, contohnya bikin stempel,  pelanggan dapat menunggu sekian menit, stempel langsung jadi, dan harganya pun bersahabat. Itu lah mungkin membuat langganan terus berdatangan".ujarnya



Uniknya, lulusan sarjana hukum islam ini sempat mencoba peruntungan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) , setiap moment penerimaan CPNS dirinya terus ikut melamar dan mendaftar, akan tetapi dewi fortuna belum berpihak padanya. Akhir dari intropeksi dan manajemen diri, ia memutuskan untuk fokus berusaha di bidang advertising yang telah membawanya merasakan nikmat hidup dan kehidupan, getar getirnya mengelola usaha pribadi. Bak kata orang tua" jikok tangguang-tangguang basah, elok lah mandi bana". 



"Dikatakan pesimis untuk merubah peruntungan hidup dengan menjadi ASN, entah garis tangan yang berkata lain. Usaha yang telah memberikan saya banyak pelajaran untuk bangkit dari kesulitan, mendapatkan cita-cita yang selama ini diidamkan, memang berkat MQ Advertising. Ternyata, untuk meraih kesuksesan tidak selamanya menjadi seorang ASN, pelaku UMKM tentu dapat berhasil dengan wirausahanya. Saya berpesan bagi adik-adik saya, jangan lah kuliah untuk menjadi pegawai, terkadang cita, dan harapan kita belum tentu sama dengan takdir ALLAH SWT, berusaha, ikhlas, bersabar dan berdo'a , Tuhan pasti kabulkan dan berikan yang terbaik, bahkan diluar dugaan kita sendiri".tambahnya



Disisi lain, selama wabah pandemi virus corona yang membuat diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ikut dirasakan M. Qoiyum, kenapa tidak?. Dirinya harus ikhlas dengan penurunan omzet sekitar 70 persen jika dibandingkan ketika munculnya bencana non alam tersebut.  Ia mensiasati untuk menambah permodalan dengan rela meronggoh uang tabungannya, demi kelangsungan usahanya itu.

"Saya ingin wabah pandemi virus corona ini segera berakhir,  mungkin bukan sektor advertising saja yang terdampak, mungkin saja banyak orang yang jauh lebih merasakan dampak covid-19 dari pada saya". ucapnya dengan nada berharap




Diketahui, M.Q Advertising beralamat di  jalan  Hafid Abdul  Jalil  No.4 Tangah Jua  Kelurahan Tarok Dipo kota  Bukittinggi, sebelumnya usaha ini berlokasi di Jalan Sutan Syahrir.

(TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar