News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gubernur Irwan Prayitno: Pelaku UMKM harus Optimis Usahanya Berkembang, Jika Perizinan Dipersulit Laporkan Saja

Gubernur Irwan Prayitno: Pelaku UMKM harus Optimis Usahanya Berkembang, Jika Perizinan Dipersulit Laporkan Saja


RMT, Bukittinggi: Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno akui perjalanan karirnya tidak semudah  dengan  hanya memikirkan dan melihat kondisi sekarang, pasalnya meraih keberhasilan butuh usaha dan kerja keras, setiap kesuksesan tentu membutuhkan pengorbanan.

Hal demikian disampaikan Irwan Prayitno ketika menjadi narasumber pada Diskusi Peluang Dan Tatangan UMKM di Era Pandemi  Rabu (29/07/2020,  dirinya ajak seluruh pelaku UMKM untuk optimis mengembangan sektor yang digeluti bukan semata untuk di masa sekarang, namun harus berorientasi jangka panjang.  Diceritakan, untuk menjadikan lembaga pendidikan yang dikelolanya butuh inovasi dan kreativitas, permodalan memang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah usaha, akan tetapi uang bukan segalanya meraih capaian tujuan, pasalnya  dengan rupiah senilai 20 ribu di tahun 1988 kala itu,  mampu membuat sebuah manajemen tersendiri.


"Boleh saya bercerita, boleh ya. Waktu selesai kuliah saya mengajar dibimbingan belajar, kemudian dengan uang yang saya punya waktu itu di tahun 1988 senilai Rp 20.000, saya mencetak brosur, dan memutuskan untuk membangun lembaga pendidikan, makna kepercayaan harus kita pegang, mempertahankan usaha kita memiliki kelebihan dari orang lain. Iya,  nama atau merek dipersiapkan menjadi salah satu modal demi perkembangan kedepan.  Jadi, setiap usaha seperti UMKM ini butuh uang, namun uang bukan segalanya, kemauan untuk meningkatkan usaha  melalui inovasi jauh lebih uang, nah. Ketika sudah mulai berkembang pesat usaha saya itu,  yang tadinya perbankan menolak untuk bantu, sekarang malah antri untuk diprospek".ujarnya 

Ditegaskan Gubernur Sumatera Barat ini, pihaknya minta jika masih terdapat jajarannya di pemerintah provinsi yang membuat kesulitan masyarakat untuk mendapatkan perizinan usaha seperti halnya umkm  segera laporkan, kebijakan untuk mendukung perkembangan sektor ekonomi  harus melayani dan memudahkan warga, namun tetap sesuai regulasi dan mekanisme yang diberlakukan.




"yang penting ikuti mekanismenya, persoalan perizinan cepat dan mudah, apalagi ada yang tidak ada biaya. Saya tekankan, perizinan dibawah Pemprov semuanya dipermudah, tidak ada yang sulit. Jika masih ada warga atau pelaku UMKM ini dipersulit, laporkan saja. Perizinan dalam berusaha itu penting, jangan ilegal".tambah Gubernur

Pada kesempatan ini, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno apresiasi tinggi terhadap peserta diskusi, dikarenakan terdapat generasi muda yang berjiwa kewirausahaan,  sektor umkm mampu mendukung persoalan kebutuhan lapangan pekerjaan. Menurutnya, menjadi pengusaha justru lebih menyenangkan ketimbang sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), lantaran income atau pendapatannya jauh lebih besar,  dan waktu pun lebih banyak untuk dikelola secara profesional.
(TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar