News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelaku UMKM Sumatera Barat Khususnya Kabupaten Agam Dibekali Literasi

Pelaku UMKM Sumatera Barat Khususnya Kabupaten Agam Dibekali Literasi



RMT, Bukittinggi: Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumatera Barat ingin sektor ini tetap berkembang dengan baik,  tidak hanya di masa pandemi virus corona, melainkan pola berjangka dan bekelanjutan.

Hal itu disampaikan peserta diskusi peluang dan tantangan UMKM di Era Pandemi  Rabu (29/07/2020) di Istana Bung Hatta Bukittinggi,  para pelaku UMKM dengan latar belakang beragam  bidang usaha ingin pemerintah memfasilitasi  untuk mencapai kemajuan, baik persoalan permodalan, produksi, penjual dan aspek lainnya.

Seperti halnya pertanyaan yang disampaikan sejumlah  peserta sebagai suara rakyat pendongkrak perekonomian nasional.

" saya bergerak di disain grafis, saya ingin tahu tentang bisnis yang digunakan secara online, bagaimana penjualan dengan aplikasi itu". "Saya dibidang IT ini ingin perkembangan usaha yang dilakukan sekarang." yang saya tanyakan tentang perizinan, kemudian mereknya juga pak Gubernur".ujar peserta


Salah satu pelaku UMKM di Lasi   Kecamatan Canduang Kabupaten Agam bergerak di usaha susu sapi segar dan produk olahan susu   mencermati wabah pandemi virus corona ikut pengaruhi sejumlah item, hal demikian disampaikan Nursal sebagai koordinator pemasaran dan penjualan menyebutkan  pihaknya akui covid-19 berimbas terhadap kunjungan  wisata edukasi, lantaran produksi susu sapi segar dan keju  menjadi pilihan untuk mendukung dunia kependidikan bagi generasi secara dini. Disebutkan, sekarang susu yang dihasilkan oleh sapi perahnya hanya dapat penuhi kebutuhan produksi keju.

" kalo untuk keju tidak ada persoalan ketika wabah pandemi virus corona, yang terdampak itu susu segar. Kunjungan ke pabrik ikut pula terdampak karena usaha ini menjadi wisata literasi. Susu yang diproduksi sekarang hanya memenuhi kebutuhan bahan baku keju". imbuhnya

Sementara itu, keberadaan Forum UMKM yang sudah berjalan cukup baik di kabupaten agam dapat menjadi wadah  bagi pelaku umkm  untuk menindaklanjuti upaya peningkatan sektor usaha yang dilaksanakan, termasuk pembinaan dan pelatihan yang dilakukan bekerja sama dengan beragam stake holer  mampu menambah literasi dan kompetensi bisnis yang diupayakan masyarakat kecil dan menengah,  disamping itu forum tersebuit menyatukan persepsi untuk meraih tujuan secara bersama-sama dan kekeluargaan, apa pun persoalan dan kesulitan dapat dituntaskan secara  professional.

(TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar