News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PWI kota Bukittinggi Sukses Laksanakan Karya Latihan Wartawan (KLW) dan Bimtek Kehumasan

PWI kota Bukittinggi Sukses Laksanakan Karya Latihan Wartawan (KLW) dan Bimtek Kehumasan


RMT, Bukittinggi: Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kota Bukittinggi mendukung dan mewujudkan profesionalisme kewartawanan serta kehumasan, hal demikan dibuktikan dengan pelaksanaan Karya Latihan Wartawan (KLW) dan Bimbingan Teknis Kehumasan, Sabtu (18/07/2020) bertempat di Halla Balai Kota Bukittinggi Bukik Gulai Bancah.

Kelancaran dan suksesnya Karya Latihan Wartawan (KLW) dan Bimtek Kehumasan tahun 2020 ini tentu mendapatkan dukungan pemerintah daerah dan lintas sektoral, Walikota Bukittinggi M.Ramlan Nurmatias diwakili Asisten 1 Setdako Nofrianto, CH mengatakan kegiatan ini  menjadi tolak ukur untuk meningkatkan literasi masyarakat dengan penyampaian informasi sesuai kode etik jurnalis dan regulasi yang mengatur pers.

Disebutkan mantan Camat Guguak Panjang ini, peranan pers dibutuhkan di era konvergensi sekarang, pasalnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) membuat munculnya beragam jenis media berbasis online, apalagi ditambah dengan adanya media sosial. Justru,  publik butuh mencermati  secara utuh mana media resmi dan yang mana media abal -abal, jangan terjebak pada konsumsi berita hoax. Menurutnya, insan jurnalis  tetap diakomodir untuk melakukan kritikan terhadap program dan kebijakan yang diterapkan, namun bertujuan untuk membangun serta koreksi.

"Saya pun secara pribadi punya cukup pengalaman ketika berhadapan dengan para wartawan, Karya Latihan Wartawan (KLW) ini merupakan kegiatan  yang bagus sekali, apalagi bagi wartawan yang muda, tentu menjadi salah satu syarat formal. Kami berharap para narasumber dapat memberikan ilmu bagi seluruh peserta yang tidak hanya wartawan tetapi juga kehumasan. Dengan Mengucapakan Basmallah Kami Buka Acara Karya Latihan Wartawan (KLW) dan Bimtek Kehumasan, pada hari ini Sabtu 18 Juli 2020".imbuhnya
Karya Latihan Wartawan (KLW) dan Bimbingan Teknis Kehumasan ini dibagi atas dua sesi, pertama materi tentang mencari dan menulis berita disampaikan oleh pemateri yakni  Sawir Pribadi, yang juga sebagai Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumatera Barat, dirinya merupakan wartawan senior di Harian Singgalang.
Sesi kedua dilanjutkan usai sholat Dzuhur dan makan siang, dimana pemateri  Eko Yance Edrie terkait wawancara dan etika, selanjutnya paparan materi tentang Undang-undang Pers dan UU ITE disampaikan Zulnadi.

Dikatakan Eko Yanche yang merupakan Wakil Ketua PWI Sumatera Sumatera Barat, profesi wartawan   dewasa ini diakui cukup banyak  dihadapkan dengan  beberapa persoalan, seperti halnya belum tercapai secara utuh untuk keseluruhan insan jurnalis bahwa kesejahteraan atau income diakomodir minimal setara Upah Minimum Provinsi (UMP), kalau  di ranah minang angka rupiah berkisar pada di 2, 4 juta.

"Jadi wartawan itu harus gila, gila dalam artian siap 24 jam waktu untuk menghimpun dan memproduksi berita, ketika profesi wartawan sudah melekat pada diri, sebenarnya tidak ada kata libur,  jadi harus memiliki semangat untuk mengedukasi masyarakat dengan berita hasil penerapan kode etik jurnalis dan kode etik perilaku.
Ketua PWI Sumatera Barat H Heranof Firdaus menyebutkan  pihaknya apresiasi tinggi dedikasi kepengurusan PWI kota Bukitinggi dibawah komando  H Anasrul yang masih belum setahun sejak dilantik telah melaksanakan kegiatan keorganisasian berkolaborasi  dengan pendidikan jurnalistik untuk kehumasan. Bahkan, catatannya ini perdana dari pengurus baru PWI Kabupaten/Kota yang ada.

"Saya yakin materi yang disampaikan pemateri dapat diterapkan dilapangan baik bagi wartawan atau humas sendiri".ucapnya
Diketahui, dari lebih 45 anggota kepengurusan PWI kota Bukittinggi terdapat 25 orang belum memiliki Kartu PWI, sehingga diperlukan tahapan seperti mengikuti Karya Latihan Wartawan (KLW), sehingga nanti para jurnalis tersebut pun diberikan kesempatan untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat Muda. Sedangkan, Bimbingan Teknis (Bimtek)  Kehumasan ini diikuti oleh sejumlah jajaran humas di masing-masing instansi dan organisasi perangkat daerah seperti tampak humas polres Bukittinggi, humas RSAM Bukittinggi, BPBD, Humas Pemko Bukittinggi, Satpol PP, dan perwakilan humas lainnya. (TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar