News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bhabinkamtibmas selaku Komunikator di lapangan Jangan Salah Sampaikan Pesan kepada Masyarakat

Bhabinkamtibmas selaku Komunikator di lapangan Jangan Salah Sampaikan Pesan kepada Masyarakat


RMT, Bukittinggi:  Optimalisasi  kinerja personil Bhabinkamtibmas yang  bertugas dimasing masing kelurahan/desa/nagari di Provinsi Sumatera Barat menjadi acuan pelaksanaan  Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan Direktorat Pembinaan Masyarakat (DIT BINMAS) Polda Sumatera Barat, hari ini Selasa (18/08/2020) di salah satu aula Hotel Pusako kota Bukittinggi.

Direktur  Pembinaan Masyarakat (Dir BINMAS) Polda Sumatera Barat Komisaris Besar Polisi Johni Soeroto mengatakan tugas dan dedikasi seorang personil bhabinkamtibmas  guna meningkatkan  kompentesi mewujudkan keamanan dan ketertiban ditengah publik perlu dioptimalkan dengan baik. Personil Bhabinkamtibmas harus peka dengan aktivitas dan situasi dimana dirinya bertugas. Jelas, menciptakan situasi yang kondusif harus didasari komunikasi  baik dengan referensi tepat.

"Seorang komunikator seperti Bhabinkamtibmas jangan salah terapkan komunikasi dalam bentuk rasa dan logika, seraya memperhatikan empati menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat".ujarnya

Pria berdarah Minang dan Jawa ini juga tekankan bahwa personil Bhabinkamtibmas  ketika mengambil tindakan di lapangan perlu menggunakam bahasa dan psikomotorik yang tepat, agar masyarakat memahami regulasi yang diberlakukan.

Diketahui, Focus Group Discussion (FGD) ini diikuti oleh 5 Polres di Sumatera Barat yakni Polres Padang Panjang,  Polres 50 Kota, Polres  Pasaman, Polres Bukittinggi dan Polres Pasaman Barat dengan keterlibatan sebanyak 80 orang peserta.

Focus Group Discussion (FGD) ini dihadiri Ketua DPRD Kota Bukittinggi Herman Sofyan, ia merupakan Ketua FGD Kambtibmas Bukittinggi menyebutkan pihaknya sambut baik pelaksanaan FGD yang dilaksanakan Polda Sumatera Barat,  apalagi ditengah konstalasi politik  rangkaian pesta demokrasi melalui Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Desember mendatang, dan situasi pandemi Covid-19.

"Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini sangat bagus dalam rangka meningkatkan kemampuan personil bhabinkamtibmas di daerahnya bertugas, apalagi di tempat kita kota Bukittinggi, ada 24 personil disetiap kelurahan di 3 kecamatan. Situasi dimasa tahapan pemilukada harus dicermati personil Polri ditengah masyarakat ini. Lagi pula wabah virus corona belum berakhir makanya protokol kesehatan harus diterapkan, bagaimana masyarakat diarahkan untuk displin dan sadar terhadap regulasi".ujar putra asli di salah satu nagari di Danau Maninjau ini

Focus Group Discussion (FGD) ini berlangsung satu hari  dan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Teknis Direktorat Pembinaan Masyarakat (Rakornis DIT BINMAS).

Sementara itu, Ditbinmas merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah Kapolda. Ditbinmas bertugas menyelenggarakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan Polmas, ketertiban masyarakat dan kegiatan koordinasi, pengawasan dan pembinaan terhadap bentuk pengamanan swakarsa, Kepolisian Khusus (Polsus), serta kegiatan kerja sama dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.Dalam melaksanakan tugasnya.

Ditbinmas menyelenggarakan fungsi antara lain: pengembangan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa dalam rangka peningkatan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan; Pengembangan peran serta masyarakat dalam pembinaan keamanan, ketertiban, dan perwujudan kerja sama Polda dengan masyarakat yang kondusif; Pembinaan di bidang ketertiban masyarakat seperti pembinaan terhadap remaja, pemuda, wanita, dan anak; Pembinaan teknis, pengkoordinasian, dan pengawasan Polsus; Pembinaan pelaksanaan kegiatan Polmas yang meliputi pengembangan kemitraan dan kerja sama antara Polda dengan masyarakat dan pemerintah serta organisasi non pemerintah; dan Pengumpulan dan pengolahan data, serta penyajian informasi dan dokumentasi program kegiatan Ditbinmas. Pembinaan keamanan, ketertiban, dan perwujudan kerja sama Polda dengan masyarakat yang kondusif; Pembinaan di bidang ketertiban masyarakat antara lain pembinan terhadap remaja, pemuda, wanita, dan anak; Pembinaan teknis, pengkoordinasian, dan pengawasan Polsus; Pembinaan pelaksanaan kegiatan Polmas yang meliputi pengembangan kemitraan dan kerja sama antara Polda dengan masyarakat dan pemerintah serta organisasi non pemerintah; dan Pengumpulan dan pengolahan data, serta penyajian informasi dan dokumentasi program kegiatan Ditbinmas.



(MRBT/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar