News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kadiv Yankum-Ki Kumham Sumbar Sumbar Amru Walid Batu Bara bantah pengurusan Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HAKI) Mahal dan berbelit

Kadiv Yankum-Ki Kumham Sumbar Sumbar Amru Walid Batu Bara bantah pengurusan Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HAKI) Mahal dan berbelit



RMT, Gaduik: Kanwil Kemenkumham Sumbar selama 2 hari (12 - 13 Agustus 2020)  di Balcone hotel di Gaduik Kab Agam dan pada sesi akhir pelaksanaan Workshop dan Diseminasi Kekayaan Intelektual mengangkat thema " Peran Penting Perlindungan Kekayaan Intelektual sebagai pendorong perekonomian sumatera barat diikuti 50 orang peserta berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan,  Praktisi pendidikan se-Sumbar.

Diketahui sebelumnya, workshop diselenggarakan oleh Divisi Pelayanan Hukum dan Kekayaan intelektual / Yankum-KI dibuka oleh Kakanwil Kumham Sumbar Suharman, MH.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Kekayaan intelektual / Yankum-Ki Kumham Sumbar Amru Walid Batu Bara,MH dalam paparannya akui saat ini paling banyak mendaftarkan intangile aset Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (HAKI) termasuk di ranah minang berasal dari Hak Cipta dan Merk Dagang.

"Tidak benar pendaftaran HAKI di Kemenkumham RI mahal dan berbelit dalam pengurusan mendapatkan kekayaan intelektua  dilakukan selama ini oleh pemilik hak kekayaan intelektual". tegas Amru




Juga diakui Amru bahwa di lapangan dalam penjualan produk dalam kaitan HAKI cenderung pemilik produk melakukan kecurangan atas barang dijual.

Hal senada juga disampaikan Prof. DR. Zainul Daulay, LL.m selaku pemateri dan  kesehariannya sebagai Ketua Program Study S.3 Ilmu Hukum UNAND, ia menyatakan persoalan intangible atau Kekayaan Intelektual dimiliki pemilik hasil karya yang bersangkutan memiliki beban moral dan pengakuan karya cipta kualitas barang dihasilkan.

Dari kegiatan workshop dan Diseminasi di Kekayaan intelektual ini setidaknya hasil karya cipta dihasilkan dapat terlindungi dari penjiplakan ditandai adanya jaminan Fidusia memiliki kekuatan hukum.

(MBRT/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar