News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kali Kedua Hewan Qurban KORPRI Pemko Bukittinggi Sukses Disembelih di Kawasan Balai Kota Bukik Gulai Bancah

Kali Kedua Hewan Qurban KORPRI Pemko Bukittinggi Sukses Disembelih di Kawasan Balai Kota Bukik Gulai Bancah




RMT, Bukittinggi: Semangat berqurban bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Bukittinggi dicermati tidak ikut terdampak besar dengan munculnya wabah pandemi Virus Corona,   begitu juga dengan gelora untuk memaknai idul adha   tetap dipertahankan oleh masyarakat di daerah ini.

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian  dan Pangan Kota Bukittinggi Ismail Djohar hari ini Senin (03/08/2020), pihaknya mencatat di idul adha 1441 H 2020 M tercatat  sebanyak 1.022  ekor sapi ditambah 50 ekor kambing, sementara ditahun lalu berjumlah 1.035 ekor sapi dan 60 ekor kambing.  Disebutkan, masyarakat masih mempertahankan prinsip berqurban, sementara dalam pelaksanaan  penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban dimasa sekarang cukup berbeda dari waktu sebelumnya, dimana diterapkan protokol kesehatan, lantaran munculnya wabah pandemi virus corona. Walaupun sekarang diberlakukan masa tatanan kehidupan baru .





“masyarakat kita masih memegah teguh prinsip berqurban, Alhamdulillah sapi dan kambing yang menjadi hewan qurban kita se-kota Bukittinggi sehat, tidak ada yang sakit, kecuali cacing hati, jika ditemukan cacing pada hati, cacing itu tinggal dibuang, dan hati  daging qurban masih bisa dikonsumsi, namun jika ditemukan hati sapi yang lembek, baru tidak boleh kita makan. Namun, kita tidak temui adanya sapi sapid an kambuing qurban yang hatinya lembek. Semua baik baik saja”. ujarnya




Diketahui, hari ini  Korps Pegawai Republik  Indonesia (KORPRI)  di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi kembali melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 6 ekor sapi ditambah 1 ekor  kambing untuk memenuhi kebutuhan 941 kupon, hewan qurban tersebut berasal dari Sumatera Utara dengan bobot  mencapai 120 kg daging siap distribusi.

“kalo untuk qurban dari KORPRI ini sudah tahun keempat kita sudah laksanakan, dan untuk penyembelihan di kawasan Balai Kota sudah tahun kedua, biasanya kita lakukan di Rumah Potong Hewan (RPH), daging qurban ini kita salurkan dan berikan ke tenaga operasinal seperti cleaning service, honorer, dan masayarakat yang terdata belum mendapatkan daging qurban di tempat tinggalnya, kita drop ke daerah itu”. tambahnya



Dikatakan Ismail Djohar, penyembelihan hewan qurban KORPRI  Pemerintah Kota Bukittinggi ini sudah kali kedua dilaksanakan di kawasan balai kota, yakni disamping Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukik Gulai Bancah, biasanya hanya dilaksanakan di Rumah Potong Hewan (RPH). Prosesi penyembelihan hewan quran tersebut  dihadiri Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Wakil Walikota Irwandi, Sekda Yuen Karnova selaku Ketua KORPRI  pemko bukittinggi,   kepala opd dan unsur terkait lainnya.

(TJ)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar