News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pengawasan Tahapan Pemuktakhiran Data Pemilih Pemilukada 2020 tetap Memperhatikan Apsek Kesehatan

Pengawasan Tahapan Pemuktakhiran Data Pemilih Pemilukada 2020 tetap Memperhatikan Apsek Kesehatan


RMT, Bukittinggi: Diketahui Sebelumnya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat  melakukan Rapat Koordinasi dibidang seketa Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi, Senin ( 24/08/2020) Bawaslu melakukan kegiatan berupa Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Pemuktakhiran Data Pemilih pada pesta demokrasi yang akan dihelat di 9 Desember mendatang, pada agenda itu dilibatkan panitia pengawas pemilu yang ada di masing - masing Kabupaten/Kota di ranah minang termasuk di kota Bukittinggi.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Surya Efitrimen, S.Pt, MH mengatakan rapat koordinasi yang dilaksanakan ini dalam rangka sinkronisasi proses tahapan data pemilih yang dilakukan pengawas pemilukada, sekaligus memperkuat informasi antara Bawaslu Provinsi  dengan Bawaslu Kabupaten/Kota bersama KPU. Ia menambahkan  tahapan pemilukada serentak tahun 2020 ini berlangsung ditengah pandemi virus corona, tentu menjadi acuan adalah penerapan protokol kesehatan. 


"Perhatian dan pengawasan pelaksana pilkada 2020 terutama pada tahapan kampanye tentu kita fokuskan, situasi di masa pandemi bencana non alam ini perlu diantisipasi pihak kita khususnya, dan unsur yang terlibat dalam kelancaran pemilu tidak terpapar Covid-19".ucapnya


Disebutkan Surya Efitrimen, tahapan pilkada dan pemuktakhiran data pemilih tahap kedua saat ini tengah berlangsung, jelas  prosesnya hingga  pemungutan suara  tetap memperhatikan aspek kesehatan. 




Sebenarnya tahapan pemilukada pemuktakhiran data pemilih ini sudah dilaksanakan  sejak 15 Juli 2020 lalu, namun tidak berhenti ketika pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di 13 Agustus 2020, melainkan pengawasan berjalan hingga masa pemungutan suara nanti,  meliputi  verifikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) jelang ditetapkan.  Diakui pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah di tahun  ini berbeda teknisnya jika dibandingkan dengan Pemilukada  sebelumnya,  standar protokol kesehatan mencegah  covid-19 harus dipatuhi. Dijelaskan, rapat bersama untuk  koordinasi  ini pun harus mengacu regulasi yang diberlakukan. Hal ini didasari perkembangan kasus terkonfirmasi virus corona terus bergerak, memang dituntut kedisiplinan, kepatuhan dan kesadaran memutus mata rantai pandemi covid-19. 

(STRA/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar