News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Siaran Naskah Proklamasi Mendunia

Siaran Naskah Proklamasi Mendunia

RMT, Jakarta: Pejuang Radio Pertama yang membacakan SIARAN NASKAH PROKLAMASI MENDUNIA. Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI untuk disiarkan ke Seluruh  dunia adalah M.Jusuf Ronodipuro dan Sakti Alamsjah.




Jusuf Ronodipuro menyiarkan melalui Radio Jakarta. Sedangkan Sakti Alamsjah melalui Radio Bandung pada waktu yang sama pukul 19.00 Wib tanggal 17 Agustus 1945. 

Salinan Naskah Proklamasi yang dibaca tersebut dibawa oleh Syahrudin utusan Adam Malik Kantor Berita Domei (Kini LKBN ANTARA). Mereka menyiarkan melalui Radio Jepang  Hosokyoku yang kemudian direbut menjadi radio perjuangan cikal bakal RRI. 





Pejuang Radio Jakarta Jusuf Ronodipuro membacakan naskah dalam bahasa Indonesia dengan pemancar lokal 10 kw. Naskah dalam bahasa Inggris dibacakan Suprapto. Dari   Bandung Sakti Alamsjah bersama pejuang Radio lainnya menyiarkan salinan  naskah Proklamasi itu diperkuat dengan pemancar SW  milik PTT (Kini Telkom) berkekuatan besar 100 KW sehingga bisa didengar diberbagai negara di dunia. 




Sebelum membaca salinan naskah Proklamasi  Sakti Alamsjah mengantarkan dengan station call " INILAH BANDUNG SIARAN RADIO REPUBLIK INDONESIA ".  

Foto:  M.Jusuf Ronodipuro, Sakti Alamsjah (Kaca mata) dan Syahrudin.
Sumber buku RRI 55 Tahun. 
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA

(BR/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar