News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kapolda Sumatra Barat Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Wilayah I Sumbar

Kapolda Sumatra Barat Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Wilayah I Sumbar

Keterangan foto : Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Drs.Toni Harmanto, M.H saat menyematkan rompi Pokdar Kamtibmas kepada Herman Sofyan Ketua DPRD Kota Bukittinggi


RMT, Bukittinggi - Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) yaitu organisasi Kemitraan Polri dengan anggota berasal dari seluruh lapisan warga masyarakat yang secara swakarsa menunjukkan kepeduliannya terhadap masalah-masalah kamtibmas dan mentaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku. Pokdar Kamtibmas dilandasi dengan kekuatan hukum dan dibentuk atas instruksi langsung dari Kapolri dengan dasar hukum.

Kepolisian Republik Indonesia sebagai lembaga penegak hukum dan pengayom masyarakat menyadari bahwa ratio/perbandingan jumlah personel polisi dengan jumlah masyarakat yang ada di Indonesia tidaklah berimbang. Untuk itu Polri perlu menerapkan model perpolisian masyarakat (community policing) yang sudah lebih dulu di adopsi oleh negara-negara berkembang lainnya untuk membantu menciptakan kondisi wilayah yang aman dan tertib.


Anggota Pokdar Kamtibmas merupakan Mitra Kepolisian, namun bukanlah anggota Polisi. Karena itulah, tindakan yang dapat dilakukan apabila terjadi gangguan kamtibmas adalah amankan, selesaikan (problem solving) dengan pendekatan non-represif, dan apabila tidak didapat jalan keluar maka laporkan kepada pihak kepolisian.

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Drs.Toni Harmanto, M.H mengukuhkan Pokdar Kamtibmas Wilayah I Provinsi Sumatera Barat Senin (21/9/2020) di Perpustakaan Nasional Bung Hatta, Gulai Bancah, Kota Bukittinggi. Pengukuhan ini dihadiri Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan jajarannya, Kapolres serta kapolsek dan jajaran polres Bukittinggi, serta Forkopimda masing-masing Kabupaten Kota.

Adapun Kabupaten/Kota yang tergabung dalam wilayah I  Provinsi Sumatera Barat adalah Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Irjen Pol. Drs.Toni Harmanto, M.H yang humoris dalam sambutannya mengatakan Saya berharap Pokdar Kamtibmas diikuti dengan program yang tersusun, mengingat beberapa isu kamtibmas di tengah masyarakat di masa pandemi covid, dan menjelang pilkada, karena personel Polda hanya 10.400 personil.



Kita harus melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk ikut membantu menjaga kamtibmas dan membantu tugas kepolisian. Karena Pokdar Kamtibmas sendiri sudah di SK kan dalam kemenkumHam, maka Pokdar Kamtibmas telah bisa di anggarkan dalam anggaran daerah, ujar Kapolda Sumbar.



Sementara itu Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan Pokdar Kamtibmas sendiri adalah kelompok yang secara sukarela membantu menyelesaikan masalah  yang terjadi di tengah masyarakat, baik tindakan pencegahan (preventif) dan mengatasi (antisipatif)  dengan slogan elok-elok sajo, yang di maksudkan untuk mengantisipasi semua permasalahan yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, dengan cara dan metode yang baik.



Diharapkan Pokdar Kamtibmas betul betul mampu mengatasi permasalahan, gangguan kamtibmas di tengah-tengah masyarakat, apalagi di tengah pandemi yang melanda dan membuat kamtibmas menjadi hal yang cukup sensitif,  ucap Ramlan Nurmatias. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar