News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

AKP Andri Nugroho Saputro: Selamat Hari Ulang Tahun Lalu Lintas Ke-65 Tahun, Maju Bersama Mewujudkan Peraturan Lalu Lintas

AKP Andri Nugroho Saputro: Selamat Hari Ulang Tahun Lalu Lintas Ke-65 Tahun, Maju Bersama Mewujudkan Peraturan Lalu Lintas

Keterangan Foto: Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Andri Nugroho Saputro berikan ucapan HUT Lalu Lintas ke-65

RMT, Bukittinggi: Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) adalah sebuah unsur pelaksana utama Kepolisian Negara Republik Indonesia pada tingkat Markas Besar dipimpin oleh Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas Polri) yang bertanggung jawab di bawah Kapolri. bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas yang meliputi pendidikan masyarakat, penegakan hukum, pengkajian masalah lalu lintas, registrasi, dan identifikasi pengemudi dan kendaraan bermotor, serta mengadakan patroli jalan raya.

Korlantas sebenarnya sudah eksis sejak zaman penjajahan Belanda. Pada zaman itu, Pemerintah Hindia Belanda menganggap perlu sebuah wadah untuk mengimbangi perkembangan lalu lintas yang semakin meningkat. Sehingga pada tanggal 15 Mei 1915 lahirlah organ lalu lintas yang disebut Voer Wesen, dan diperbaharui menjadi Verkeespolitie, yang artinya Polisi Lalu Lintas dalam bahasa asli Belanda.

Memasuki zaman penjajahan Jepang, peran Korlantas sedikit mengalami gradasi. Berbagai tugas keamanan dan pengamanan yang diambil oleh militer Jepang membuat Korlantas dilakukan oleh Kempetai (sebutan untuk Polisi Militer Jepang).

Walaupun naik turun melalui zaman Penjajahan Jepang dan masa Kemerdekaan, eksistensi Korlantas dipertegas pada tanggal 22 September 1955. Kepala Jawatan Kepolisian Negara mengeluarkan Order No 20 / XVI / 1955 tanggal 22 September 1955, tentang Pembentukan Seksi Lalu Lintas Jalan, di bawah Kepala Kepolisian Negara. Tanggal 22 September inilah yang menjadi acuan dari ulang tahun Korlantas yang dirayakan hari ini.

Keterangan Foto:  Lambang Korlantas Polri

Terkait peringatan Hari Ulang Tahun Lalu Lintas Ke-65 ini, Selasa (22/09/2020) Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi mencermati pelayanan  institusi kepada masyarakat harus ditingkatkan secara berkelanjutan melalui program dan inovasi. Demikian disampaikan Kasat Lantas AKP Andri Nugroho Saputro, SE, SIK kepada awak media di ruang kerjanya, lebih jauh mengatakan  hal -hal yang menjawab kebutuhan masyarakat yakni tugas pokok dan fungsi (tupoksi) lalu lintas seperti pelayanan di SAMSAT, satuan penyelenggara administrasi SIM atau penerbitan SIM, dan pelaksanaan tugas satlantas di jalan raya serta di lapangan yang jelas bersentuhan dengan publik.

Dikatakan pria asal Semarang ini, diakui penerapan tupoksi satlantas masih banyak kekurangan, namun semangat untuk mewujudkan perubahan ke arah yang lebih bukan sekedar ucapan justru dibuktikan dengan kerja nyata di lapangan. Memang personil lalu lintas diminta untuk bersikap humanis, sehingga terwujud ayom kepada masyarakat. Perbaikan demi perbaikan akan terus dilakukan seiring waktu, akan tetapi keberadaan regulasi dalam berlalu lintas seharusnya menjadi itikad dan tekad bersama untuk menciptakan situasi aman, lancar dengan tertib berlalu lintas.

Keterangan Foto : Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Andri Nugroho Saputro,SE, SIK

Lulusan Akpol tahun 2010 ini  ingin sinergitas stake holder untuk disiplin berlalu lintas di jalan raya,  di Polres Bukittinggi hingga sekarang terdapat 60 personil lalu lintas yang melaksanakan tugas  pokok dan fungsinya, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di daerah ini jelas saja tidak sebanding guna optimalisasi kamtibcarlantas,  setiap orang berkewajiban menjadi polisi untuk dirinya pribadi dan memberikan contoh bagi orang lain, displin dalam berkendaraan  dan tertib di jalan raya.

"ya itu tadi, satlantas itu merupakan salah satu satuan yang menerapkan fungsi kepolisian dengan  sering bersentuhan bersama masyarakat. Banyak sekali masyarakat yang memberikan idenya atau pun  hal - hal yang sifatnya keberatan, namun sekali lagi. Kita (satlantas)  disini hanya menegakkan hukum yang berlaku terutama yang mengikat kepada masyarakat, kita saling mendukung apa yang menjadi tugas dan kewajiban kita masing -masing, masyarakat melaksanakan peraturan  dan kami juga menegakkan peraturan hukum" ujar AKP Andri Nugroho Saputro

Keterangan Foto: AKP Andri Nugroho Saputro ketika diwawancarai awak media d ruang kerjanya

Sementara itu, arti lambang Korps Lalu Lintas yakni:
  1. Gambar Tameng adalah Lambang Perlindungan. Setiap anggota Polantas wajib memiliki kemampuan dan keterampilan serta ilmu pengetahuan yang dilandasi dengan mental kepribadian yang berjiwa Tri Brata dan Catur Prasetya dalam rangka tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dari setiap gangguan Kamtibmas
  2. Jari-Jari Tameng, berjumlah 22 diartikan sebagai tanggal lahirnya Polantas.
  3. Garis Marka berjumlah 9 diartikan sebagai bulan september yang merupakan bulan lahirnya polantas.
  4. Rantai berjumlah 2 diartikan kewenangan Polantas.
  5. Gambar Sayap adalah lambang inisiatif, melindungi dan mempermudah gerakan pelaksanaan tugas dari Polantas untuk melindungi setiap pemakai jalan dan memberikan rasa aman dan nyaman dalam berlalu-lintas.
  6. Gambar sayap terdiri dari tiga bagian yang menjadi jiwa dan semangat pengabdian bagi setiap anggota polantas, sayap dengan lima (5) helai berarti Pancasila, sayap dengan tiga (3) helai berarti Tribrata, sayap depan empat (4) helai berarti Catur Prasetya
  7. Tiga Bintang menggambarkan simbol lalu lintas, urat nadi kehidupan, cermin budaya, cermin tingkat modernitas.
  8. Roda menggambarkan kehidupan sosial masyarakat yang dinamis.
  9. Padi dan Kapas berperan dalam mewujudkan kesejaterahan masyarakat.
  10. Seloka bertuliskan DHARMAKERTA menunjukan kerja dengan tulus dan ikhlas dengan penuh kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab. MARGA adalah jalan raya dan para pengguna jalan. RAKSYAKA memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan.
  11. DHARMA KERTA MARGA RAKSYAKA. Polisi lalu lintas bekerja dengan tulus ikhlas dan dengan penuh kesadaran, kepedulian, dan tanggung jawab dalam mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas guna memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
sumber : wikipedia
(TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar