News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peran Aktif Orari Lokal Bukittinggi-Agam Membantu Pemerintah

Peran Aktif Orari Lokal Bukittinggi-Agam Membantu Pemerintah

Keterangan foto : Syahrul Junaidi, SH Ketua Orari Lokal Kota Bukittinggi Kabupaten Agam di sekretariat

RMT, Bukittinggi: Dalam kepengurusan Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam periode 2019-2022 Alhamdulillah perkembangan keanggotaan sangat signitifikan sekali, karena itu kawan-kawan bergairah dalam mengadakan kegiatan-kegiatan. Orari itu adalah organisasi hobbi menyalurkan bakat dunia elektronik dan komunikasi, ini disampaikan Syahrul Junaidi, SH ketua Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam, Sabtu (19/9).

Keterangan foto : Pengurus dan Ketua Orari Lokal Bukittinggi Agam foto bersama

Disebutkannya keterlibatan Orari dalam suatu bencana alam maupun bencana non alam, kawan-kawan yang mempunyai ketrampilan (skil) bidang komunikasi siap untuk dimanfaatkan guna membantu dan menolong jika ada suatu bencana yang terjadi.

Keterangan foto : Syahrul Junaidi, SH Ketua Orari Lokal Kota Bukittinggi Kabupaten Agam

Sebagai penggiat amatir radio, Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam selalu mendukung kegiatan-kegiatan Pemerintah dalam kegiatan kemanusian dan kebencanaan. Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam juga telah menyiagakan penggiatnya pada call freqwensi yang telah ditentukan untuk mendukung bantuan komunikasi.

Dalam bencana non alam yaitu covid-19 yang kini melanda dunia, di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam secara keseluruhan ikut terlibat berkolobrasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi dalam penyemprotan desifektan, sosialisasi ke masyarakat guna memutus mata rantai covid-19 dan juga turut membantu Pemerintah dalam memberikan informasi-informasi berita melalui pesawat radio alat komunikasi, ucapnya.

Penyemprotan desifektan ini dilakukan sebagai bentuk upaya nyata Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam bersama PMI Kota Bukittinggi dalam mengantisipasi penyebaran virus corona dan memberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan kepada pemakai sarana pelayanan umum di Kota Bukittinggi.

Keterangan foto : Peran aktif Syahrul Junaidi Ketua Orari Lokal Bukittinggi Agam memutus mata rantai covid

Lebih lanjut dikatakan Syahrul Junaidi yang lebih dekat disapa Ajo dengan call sign YB5AJO, data keanggotaan Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam sebanyak 400 orang yang aktif, setiap hari kawan-kawan berkomunikasi melalui perangkat radio alat komunikasi mengenai bencana covid ini yang langsung disosialisasikan. Disaat mengadakan pertemuan di malam hari, Ajo menyarankan kepada kawan-kawan untuk tetap menjaga kesehatan.

Mengenai di Kota Bukittinggi sendiri, Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam setiap hari aktif dilibatkan bersama gugus tugas Kota Bukittinggi dalam penyampaian berita informasi masalah korban covid-19, melalui radio alat komunikasi inilah cepat didapat informasinya, ucap Ajo.

Alhamdulilah karena kedekatan hubungan baik dengan Pemerintah Kota Bukittinggi, kini telah menempatkan sekretariat Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam di areal kantor dinas perhubungan dan setiap hari kawan-kawan siap menerima dan memberikan informasi melalui radio alat komunikasi dengan frekwensi 145.380 Mhz dengan sandi YH5AK.

Ditambahkan keterangan Ajo, disaat pandemi covid-19 ini, anak-anak pelajar tidak diperbolehkan belajar tatap muka, jadi belajar dengan sistim daring. Orari lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam mempunyai wacana sebagai pilot projek mengusulkan kepada salahsatu sekolah dimana tenaga pendidik memberikan pelajaran kepada anak-anak dengan menggunakan perangkat radio amatir yaitu Handy Talky (HT).


Keterangan foto : Merangkai antena amatir satelit jalan jalan

Orari lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam siap membantu generasi penerus bangsa, negara dan agama untuk belajar jarak jauh menggunakan perangkat radio amatir dan juga siap membawa perangkat komunikasi dibawa ke sekolah untuk digunakan, maksud dari itu agar anak-anak dapat belajar guna meneruskan cita-citanya.

Orari tetap mendukung upaya-upaya Pemerintah dalam menanggulangi bencana, secara amanat undang-undang, Orari merupakan komunikasi cadangan nasional, di dalam keadaan darurat, Orari adalah ujung tombaknya alat komunikasi dan ini sudah dibuktikan pada waktu terjadi gempa bumi tahun 2009 di Sumatera Barat. Dimana sinyal operator tidak berfungsi, Orari lah yang melakukan komunikasi antara posko-posko di daerah bencana, pungkas Ajo. 

(ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar