News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Program Agam Terkoneksi Internet Solusi Persoalan Pembelajaran Daring Saat Ini

Program Agam Terkoneksi Internet Solusi Persoalan Pembelajaran Daring Saat Ini

Keterangan Foto: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Isra Amir DT Bandaro

RMT, Agam-Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Agam menilai gerakan agam terkoneksi internet gratis  yang berlangsung hingga saat ini merupakan salah satu solusi jitu untuk menjawab persoalan kebutuhan pembelajaran dalam jaringan (daring) ditengah pandemi virus corona.

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Agam Isra Dt Bandaro Selasa (29/09/2020) mengatakan, tersediannya layanan dan koneksi internet di mesjid di masing-masing jorong atau nagari dapat membantu efisiensi keuangan rumah tangga warga. Diakui para orang tua mengalokasi rupiahnya untuk pembelian kuota internet bagi putra-putrinya yang tercatat sebagai pelajar atau mahasiswa.

Disebutkan Isra, program gerakan agam terkoneksi internet dengan penyediaan wifi gratis di mesjid tadi tentu belum keseluruhan menjangkau wilayah di kabupaten agam dikarenakan keterbatasan  jangkauan saluran provider dan topografi daerah.

“Semenjak pandemic Covid-19 Bulan Maret sampai sekarang, kan terkendala bahwa pembelajaran masih berlangsung secara jarak jauh dari rumah, tentu program Agam Terkoneksi Internet gratis ini sangat membantu kesulitan dan menjadi solusi pembelajaran itu, sangat membantu warga yang harus mengeluarkan biaya untuk pembelian kuota internet”.ujarnya

Keterangan Foto:Isra Amir DT Bandaro

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Agam Isra Dt Bandaro  minta pengurus mesjid tetap monitoring aktivitas pelajar ketika menggunakan wifi gratis, termasuk mengarahkan agar menerapkan protokol kesehatan.

“kita berharap program ini mendapatkan dukungan semua pihak, sehingga kelancaran pembelajaran pun menjadi perhatian bersama, akan ada efisiensi anggaran keluarga, guru pun terbantu dalam proses pembelajaran secara daring. Kita juga minta perkantoran pemerintah, hingga ke jorong dan nagari dapat optimalisasikan kepemilikan wifi untuk membantu anak-anak kita belajar di masa pandemic covid-19” tambahnya

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Agam telah memasang 100 titik wifi gratis di mesjid yang tersebar di daerah ini, program agam terkoneksi  internet tersebut merupakan gagasan cemerlang yang didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam dengan salah satu provider telekomunikasi  di tanah air. Setidaknya terdapat 500 mesjid yang ada di kabupaten agam, sehingga program itu pun berlanjut dan bertahap direalisasikan.

(TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar