News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hebat !! Wali Murid SD Negeri 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi Donasikan HP Android /Tablet bagi Belajar Murid

Hebat !! Wali Murid SD Negeri 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi Donasikan HP Android /Tablet bagi Belajar Murid

keterangan foto: Kepala SD Negeri 09 Belakang Balok kota Bukittinggi Tri Murti,S.Pd  didampingi salah seorang guru bersama Pak Malin menerima donasi tablet

RMT, Bukittinggi - Di masa pandemi Virus Corona saat ini aktivitas sekolah belum tampak seperti biasa, dimana pembelajaran dilaksanakan secara Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring), dalam pelaksanaan proses pendidikan  itu masih menyisakan sejumlah persoalan seperti keterbatasan alat pendukung belajar yang memanfaatkan teknologi informasi serupa handphone/android/PC,penyediaan/kekuatan signal telekomunikasi, kuota internet, media pembelajaran dan persoalan belajar lainnya.

Keterangan foto:Pak Malin bersama guru SDN 09 Belakang Balok, menceritakan kisahnya

SD Negeri 09 Belakang Balok Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) kota Bukittinggi saat memiliki 244 orang murid untuk sembilan rombongan belajar, proses pembelajaran diupayakan tetap sesuai tujuan oleh 17 orang Guru dan Tenaga Kependidikan.

Keterangan foto:banyak pelajaran yang dapat dipetik dari kisah Pak Malin

Rasa bangga, haru, dan optimis ikut dirasakan ketika mendengar kisah Inyiak Mansur Malin Saidi (80) salah seorang warga Jalan Tan Malaka Kawasan Rumah Sakit Ibnu Sina Yarsi Bukittinggi, lantas mengapa dengan Inyiak Malin  atau Pak Malin yang orang sering menyapa Kakek berpostur tinggi itu?. Ia merupakan wali murid SD Negeri 09 Belakang Balok kota Bukittinggi, semangat dan perjuangannya boleh dikatakan lebih dari para orang tua lainnya. Inyiak Malin saat ini memiliki seorang cucu bernama Langit Ramadhan yang duduk di kelas 6, ditengah situasi pandemi sekarang terbentur dengan proses pembelajaran daring dikarenakan tidak memiliki handphone/android yang mendukung PBM. Diceritakan, selama ini cucunya itu terbantu  oleh tetangan sekitar tempat tinggal atau karib kerabatnya. Namun, tingkat kebutuhan dengan alat komunikasi tersebut jelas mempengaruhi efektif kegiatan pembelajaran. Bahkan terkadang, Nyiak Malin atau Pak Malin datang ke sekolah yang dipimpin Tri Murti, S.Pd itu untuk mendapatkan materi belajar  sang cucu selama 1 minggu kedepan. Usia boleh tua, akan tetapi demi kelanjutan pendidikan Langit, ia tetap mengedepankan. Hal demikian sama ketika abang Langit bernama Bintang mengeyam pendidikan di sekolah yang sama di SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Selasa (13/10/2020)

Keterangan foto: suasana di ruang kepala sekolah SD N 09 Belakang Balok

Diceritakan, si cucu Langit Ramadhan layaknya anak sendiri dari Inyiak Malin atau Pak Malin, dikarenakan orang tua anak itu (anak Pak Malin) merantau ke salah satu daerah di Provinsi Riau,  untuk menjawab kebutuhan ekonomi. Lebih jauh disebutkan, orang tua Langit dan Bintang ikut terdampak dari  pandemi Covid-19 hingga di PHK, dan beralih sebagai driver ojek online demi bertahan hidup di rantau orang.  Sementara, Nyiak Malin atau Pak Malin menggantungkan profesinya sebagai pedagang,  akan tetapi situasi ekonomi relatif sama, transaksi jual produk kuliner yang dijual belum sesuai harapan. Menurut kakek ini, ia tetap berusaha keras untuk mendapatkan rupiah minimal untuk makan sehari bersama anak dan cucunya.

Keterangan Foto: Data Guru dan Pegawai SDN 09 Belakang Balok

Oleh karena keterbatasan keuangan Nyiak Malin atau Pak Malin belum dapat memenuhi kebutuhan Handphone/Andorid  bagi  si cucu "Langit Ramadhan" dalam mengikuti pembelajaran secara Daring. Do'a  sang kakek terjawab sudah, satu unit Tablet diterima dari salah seorang wali murid SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi, donasi Tablet itu menjadi penawar  persoalan pendidikan cucunya di masa sekarang.
Keterangan foto: Tampilan SD Negeri 09 Belakang Balok kota Bukittinggi


Ketika hadir ke sekolah yang bernuansa rindang, sejuk dan nyaman itu langkah kaki Pak Malin atau Nyiak Malin menapaki ruang Kepala SDN 09 Belakang Balok kota Bukittinggi, kepada wartawan dirinya menceritakan sepenggal kisah untuk merawat dua orang cucunya Bintang adalah kakak Langit Ramadhan yang tengah bersekolah di satu pondok pesantren di kecamatan IV Koto Kabupaten Agam, sedangkan Langit sekarang kelas 6 di SD N 09 Belakang Balok.

Keterangan Foto: Visi Misi SD N 09 Belakang Balok kota Bukittinggi

"Ya,Alhamdulillah pak, buk. Diusia saya sekarang yang telah 80 tahun, semangat untuk kelanjutan cucu (Bintang dan Langit) apa saja saya lakukan, satu bulan setidaknya saya wajib mengumpulkan uang 1,05 juta rupiah, untuk abang si langit di pondok pesantren.  Orang tua Langit dan Bintang di daerah Dumai, merantau. Sekarang pun terdampak Covid-19, terhadap pekerjaannya".ujarnya

Keterangan foto: Pencuci tangan salah satu indikator protokol kesehatan di SD N 09 Belakang Balok

"Saat ini jual beli belum normal, belum seperti biasa, saya jual kopi yang masih orang cari dan gorengan. Tetap berusaha untuk dapat uang. Ya, selama ini ada Handphone tetangga yang dipinjam untuk belajar daring,  ada juga HP saudara,tapi mereka  kan juga butuh untuk telpon/Whatsapp, jadi  tidak seluasa  HP sendiri. Melalui ibuk kepala saya minta disampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada donatur, Tablet ini sangat membantu Langit nantinya,semoga menjadi amal ibadah dunia dan akhirat. Benda IT itu akan dipergunakan sebaik baiknya".tambahnya

Keterangan Foto:  SDN 09 Belakang Balok dari Depan

Kepala SD Negeri 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi Tri Murti, S.Pd menyebutkan sebenarnya beberapa donasi Handphone Android/Tablet yang diterima pihak sekolah itu berawal dari cerita murid yang teman sekelasnya tidak mengumpulkan tugas untuk beberapa kali, usut punya usut ada murid SD tersebut tidak memiliki Handphone Android, maka orang tua si anak yang mengetahui kondisi temannya itu langsung merespon baik, dan mewujudkan niat untuk menyumbangkan HP/ Tablet. Selanjutnya, wali murid memiliki Whatsapp Group(WAG) untuk paguyuban orang tua, kondisi kebutuhan alat komunikasi itu pun disikapi, hingga terhimpun beberapa unit. Kemudian, pihak sekolah mendata si penerima maka selain Langit Ramadhan cucu Pak Malin, terdapat sejumlah nama diantaranya Khuratul Aini, Yura Viu Utami dan sederet nama lainnya. Tekad murid tersebut patut diacungi jempol untuk meraih dan menggapai cita cita, dikarenakan datang dari kisah keluarga yang bervariasi serupa anak yatim, orang tua yang berprofesi sebagai Cleaning Service dan kondisi ekonomi kurang mampu lainnya.
Keterangan Foto: Kepala SD Negeri 09 Belakang Balok kota Bukittinggi Tri Murti, S.Pd

" ya, karena latar belakang keluarga murid kami ada yang ditinggal bapaknya, orang tuanya sebagai tukang cuci di rumah orang, anak yatim dan piatu. Kami mengucapkan terima kasih atas tergeraknya hati wali murid untuk mendukung kelancaran pendidikan generasi di masa pandemi saat ini".tuturnya

Keterangan foto: Pihak sekolah menerima Donasi HP android /Tablet dari Donatur

"Semoga akan terus bertambah donasi seperti Handphone android/tablet dari orang tua atau wali murid lainnya. Ya, setidaknya ada 10 orang murid kita per lokal yang berada dari keluarga kurang mampu. Namun, hebatnya  anak anak itu dapat berprestasi gemilang".
Keterangan foto: Pihak sekolah menerima Donasi HP android /Tablet dari Donatur

Tri Murti, S.Pd bangga dengan sinergitas yang terjalin baik selama ini, keberhasilan sekolah tentu tidak terlepas dari dedikasi banyak pihak. Diketahui, SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi terbukti menorehkan catatan emas terhadap keikutsertaan pada segudang ajang seperti perlombaan, atau agenda kependidikan dan non kependidikan.

Keterangan Foto: Piagam Sekolah Adiwiyata

Diakui,  jika dibanding pada masa silam SD Negeri 09 Belakang Balok kota Bukittinggi  sudah menunjukkan progres, tampak dari gapura di pintu masuk,taman sekolah dan pagar,walaupun untuk pagar belum  keseluruhan direvitalisasi, begitu juga keberadaan mushola dan lapangan sekolah yang patut untuk disikapi dan ditindaklanjuti pembenahannya. Diterangkan, pihak sekolah ini ingin donatur dan pemerintah ikut menjawab ha tersebut. Selama ini sudah tercatat sejumlah dana pokir anggota DPRD kota Bukittinggi yang membekas terhadap infrastruktur itu 
(TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar