News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Orari Orlok Bukittinggi-Agam Sertakan Anggota Ikuti UNAR Tahun 2020

Orari Orlok Bukittinggi-Agam Sertakan Anggota Ikuti UNAR Tahun 2020

Keterangan foto : Syahrul Junaidi, SH Ketua Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam ketika memberikan arahan

RMT, Bukittinggi - Dalam menggunakan perangkat radio amatir ini harus memiliki Izin Amatir Radio (IAR), maka pengguna radio amatir tersebut terlebih dahulu mengikuti ujian. Orari Organisasi Lokal Bukittinggi-Agam mengirimkan sebanyak 10 orang calon anggotanya untuk mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) hari Minggu (18/10) di Kota Padang.

Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) adalah wadah bagi masyarakat yang memiliki hobby komunikasi radio dan teknik elektronika, didirikan di Jakarta pada tanggal 9 Juli 1968. Ini disampaikan Syahrul Junaidi, SH dengan call sign YB5AJO Ketua Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam, Senin (12/10/2020).

Selain wadah hobby komunikasi radio dan teknik elektronika, Orari merupakan komunikasi cadangan nasional, di dalam keadaan darurat, Orari adalah ujung tombaknya alat komunikasi. Secara otomatis turut serta dalam penanggulangan bencana alam maupun bencana non alam dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas, Satkorlak PB atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di setiap Provinsi.

Begitu juga dengan Palang Merah Indonesia (PMI), BMKG dan LAPAN. Dan membantu institusi masyarakat yang membantu upaya Penanganan Bencana dan memerlukan dukungan komunikasi darurat (emergency communication).

Lebih lanjut dijelaskan Ajo sapaan akrab Syahrul Junaidi sewaktu kejadian bencana alam gempa bumi tahun 2009 di Kota Padang, Orari Orlok Bukittinggi-Agam turut membantu BPBD dengan mendirikan tenda komunikasi di lapangan Wirabraja (lapangan kantin) untuk station komunikasi guna menerima informasi dari rekan-rekan yang berada di lokasi.

Kini di tengah bencana non alam pandemi covid-19, setiap hari aktif di sekretariat Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam dengan frekwensi 145.380 Mhz dengan sandi YH5AK beralamat di jalan Yos Sudarso dilibatkan bersama gugus tugas Kota Bukittinggi dalam penyampaian berita informasi masalah korban covid-19, melalui radio alat komunikasi inilah cepat didapat informasinya, ucap Ajo.

Selain membantu penanggulangan bencana alam maupun non bencana non alam, Orari Orlok Bukittinggi-Agam memberikan dukungan komunikasi pada event-event seperti pada Pemilu, PON, Angkutan Lebaran, DUKOM (Dukungan Komunikasi) Lebaran dan sebagainya, pungkas Ajo. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar