News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Himbauan Kemkominfo Pada Bulan Tertib Frekuensi Penggiat Radio Komunikasi

Himbauan Kemkominfo Pada Bulan Tertib Frekuensi Penggiat Radio Komunikasi



RMT, Bukittinggi - Kementrian  Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengeluarkan himbauan  yang dinamakan “Bulan Tertib Frekuensi”, ini berdasarkan pada landasan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Kegiatan Amatir Radio Dan Komunikasi Radio Antar Penduduk.

Adapun sepuluh (10) butir himbauan tersebut adalah 1.Pastikan IJIN pancar anda masih berlaku (ORARI/RAPI), dan sebutkan nama panggil (callsign) anda minimal 3 menit sekali pada saat memancar, 2.Upayakan Signboard (papan nama panggilan/callsign) terpasang didepan rumah/disekitar stasiun Radio Komunikasi, 3.Pastikan ketinggian serta jenis antena sesuai dengan peraturan menteri Kominfo.
Selanjutnya 4.Pastikan power pancaran radio (PEP) dan emisi sesuai dengan peraturan menteri Kominfo, 5.Pastikan frekuensi yang tersimpan dalam radio sesuai dengan ijin yang dimiliki (ORARI/RAPI), 6.Pastikan tidak ada alat penguat daya (booster) dan pemutar musik disekitar perangkat Radio Komunikasi.

Kemudian 7.Tinggalkan kartu ijin pancar (IAR/IKRAP) pada keluarga dirumah manakala anda bepergian dan simpan nomor telepon pengurus organisasi dimana anda bagian dari anggotanya, 8.Pastikan tidak ada percakapan sara, politik,  komersil, porno wicara, broadcast/memutar musik, hoax, ujaran kebencian, bully, 9.Pastikan lingkungan tempat memancar tidak ada gangguan/splatter atas pancaran radio anda dan 10.Berdoa dan berusaha patuhi semoga anda selamat dari razia petugas monitoring frekuensi Kominfo.

Sementara itu ketua Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) Lokal Bukittinggi-Agam, Syahrul Junaidi,SH dengan callsign YB5AJO mengatakan, Sabtu (28/11) di sekretariat station Orari Lokal Bukittinggi-Agam, “Tertibkan Sesuai Dengan Peruntukannya” tujuan Bulan Tertib Frekuensi adalah untuk menertibkan peggiat radio amatir yang belum mempunyai Ijin Amatir Radio (IAR) dan juga penggiat amatir radio yang telah menyimpang dari aturan penggunaan frekuensi.

Lebih lanjut disampaikannya, sampai saat kini banyak penggiat radio amatir di wilayah Kota Bukittinggi Kabupaten Agam, tapi yang terdaftar pada sekretariat baru sebanyak 400 orang anggota yang memiliki IAR termasuk anggota yang dalam proses perpanjangan IAR.

Diharapkannya bagi penggiat radio amatir memiliki IAR dengan mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Non Reguler berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan UNAR Reguler yang diadakan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Direktorat jenderal Sumber daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio kelas II Padang, bersama Orari Daerah (Orda).

Untuk ujian reguler Balmon mengadakan 2 kali setahun yaitu sekitar bulan April dan bulan Oktober, sedangkan untuk ujian non reguler sesuai permintaan dengan kuota minimal sebanyak 30 orang, ungkap Syahrul Junaidi. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar