News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kodim 0304 Agam Menggelar Pembinaan Komunitas Menggandeng ORARI

Kodim 0304 Agam Menggelar Pembinaan Komunitas Menggandeng ORARI


Keterangan foto : Pengurus dan anggota ORARI Lokal Bukittinggi Agam foto bersama Kasdim 0304 Agam

RMT, Bukittinggi- Komunikasi sosial dengan komponen bangsa lainnya (Pembinaan Komunitas) di wilayah Kodim 0304 Agam TA.2020 dengan mengusung tema “Menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa Dalam Bingkai NKRI” berlangsung di aula Makodim 0304 Agam, Kamis (26/11/2020) diikuti ORARI Lokal Bukittinggi Agam, Porbi Bukittinggi Agam dan Ikatan Pemuda Peduli Bukittinggi Agam.

Dandim 0304 Agam Letkol Arh Yosip Brozti Dadi, SE, M.Tr dalam sambutan yang diwakilkan Kasdim 0304 Agam Mayor Inf Masrijal saat membuka kegiatan ini mengatakan kegiatan komunikasi sosial ini merupakan salah satu sarana paling efektif dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara guna memelihara dan mempererat hubungan silaturahmi.

Serta meningkatkan kebersamaan antara TNI dengan segenap komponen bangsa melalui komunikasi yang dialogis untuk dapat saling memberikan masukan serta informasi tentang permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsa kita saat ini, sehingga diperoleh kebersamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi untuk mencari solusi terkait dengan kepentingan pertahanan dan keamanan negara yang kita cintai ini.

Saat ini komponen bangsa dituntut cerdas dalam menghadapi kondisi yang sulit diprediksi dan cepat berubah ini. Ada upaya adu domba dalam bentuk SARA, provokasi, narkoba, kriminal, penyalahgunaan media sosial (Medsos), berita hoax, serangan cyber dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin modern.

Hal ini menghadirkan kecenderungan perspektif terhadap ancaman baik ancaman militer maupun non militer yang mengakibatkan instabilitas keamanan yang kemudian dapat menjadi konflik sosial politik nasional. Keanekaragaman adat istiadat, budaya maupun agama yang ada di Indonesia sering menimbulkan primordialisme yang cenderung melunturkan jiwa kebersamaan dan persatuan.

Disinilah perlunya mengingatkan kita kembali pada jati diri bangsa, wawasan kebangsaan, bela negara serta anti radikalisme, sehingga terlahir kesadaran diri kita sendiri akan pentingnya rasa cinta tanah air.

Pada tahun 2020 ini kita akan menghadapi Pilkada serentak, kami berharap kepada tokoh-tokoh nasional baik tokoh politik, budaya maupun tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk dapat menciptakan suasana sejuk dan kondusif, sehingga tidak menimbulkan kontroversi atau kegaduhan yang mengakibatkan masyarakat menjadi terbelah dan rentan terjadi konflik di masyarakat, ucap Letkol Arh Yosip Brozti Dadi, SE, M.Tr.

Sementara itu Syahrul Junaidi ketua Orari Lokal Bukittinggi-Agam yang diwakilkan Dudi sekretaris Orari Lokal Bukittinggi-Agam menjelaskan, Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) adalah wadah bagi masyarakat yang memiliki hobby komunikasi radio dan teknik elektronika, didirikan di Jakarta pada tanggal 9 Juli 1968.

Orari merupakan organisasi resmi yang diakui negara maupun dunia internasional, dalam melakukan kegiatannya tetap mendukung upaya-upaya Pemerintah. Secara amanat undang-undang Orari merupakan komunikasi cadangan nasional, di dalam keadaan darurat. Orari adalah ujung tombaknya alat komunikasi, secara otomatis turut serta dalam penanggulangan bencana alam maupun bencana non alam dan membantu institusi masyarakat yang membantu upaya Penanganan Bencana yang memerlukan dukungan bantuan komunikasi darurat (emergency communication).

Selain membantu penanggulangan bencana alam maupun non bencana non alam, Orari Lokal Bukittinggi-Agam memberikan dukungan komunikasi pada event-event seperti pada Pemilu, PON, Angkutan Lebaran, DUKOM (Dukungan Komunikasi) Lebaran dan sebagainya, pungkas Dudi. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar