News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penggunaan Bahasa Indonesia Dengan Baik Di Berbagai Media

Penggunaan Bahasa Indonesia Dengan Baik Di Berbagai Media

Keterangan foto : Saat peserta mengikuti Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Indonesia pada media massa

RMT, Bukittinggi- Pada bulan Oktober lalu di Aula Kantor Balaikota, Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bukittinggi bersama Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Indonesia pada media massa di Aula Kantor Balaikota Bukittinggi.

Pelatihan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar ini diikuti sejumlah wartawan peliputan Kota Bukittinggi dan perwakilan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) daerah itu berlangsung selama dua hari, ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kota Bukittinggi Drs.Novri.M.Pd, Senin (16/11).

Penggunaan bahasa yang baik dan benar merupakan gambaran besarnya sebuah bangsa, namun seiring terjadinya kemajuan di berbagai bidang, termasuk dari negara asing, dikhawatirkan dapat memperlemah keberadaan Bahasa Nasional yang sudah dideklarasikan jauh sebelum kemerdekaan Indonesia.

Salah satu upaya dari para tokoh nasional dulu untuk mempersatukan dari Sabang sampai Merauke yaitu Bahasa Indonesia, jadi dengan beragamnya suku dan etnis yang ada di Indonesia bisa berkomunikasi walaupun masing-masing memiliki bahasa daerah, ketika menggunakan bahasa Indonesia, tentu bisa langsung berkomunikasi.

Novri mengajak semua pihak terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) dan wartawan untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, sekaligus juga harus melakukan pengawasan bersama, baik dalam pelaksanaan tugas administrasi kantor, penerbitan berita sampai dalam penggunaan bahasa sehari-hari, “Salah mengungkapkan bahasa bisa salah arti”, tegas Novri.

Lebih lanjut Novri mengatakan, Kepala Balai Pustaka Provinsi Sumatera Barat, Drs.Aminulatif,M.Pd, dalam paparan materi kegiatan pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa pada media massa, menjelaskan, penggunaan bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap atas kompetensi badan publik terhadap bahasa itu sendiri.

Oleh karena itu Aminulatif menambahkan, diperlukan sikap positif, yaitu tertib berbahasa agar penggunaan bahasa sesuai dengan ketentuan hukum dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penggunaan sehari-hari ataupun yang dituangkan dalam surat-menyurat maupun penulisan berita yang dilakukan oleh wartawan.

Pelemahan penggunaan bahasa Indonesia cenderung terjadi seiring dengan penggunaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, di media cetak, cyber dan elektronik masih adanya campuran penggunaan bahasa Indonesia dan Inggris, begitu juga pada media di tempat-tempat umum.

Penguatan bahasa asing itu terjadi akibat kenyataan arus informasi dan komunikasi global yang semakin kuat. Di sisi lain, penguatan itu membuat sikap pengguna bahasa Indonesia cenderung bergeser ke arah lebih bangga terhadap penggunaan bahasa asing.

“Penggunaan bahasa asing dianggap lebih baik dibandingkan bahasa Indonesia. Hal itu mengancam keberlangsungan penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara Indonesia di ruang publik. Oleh karena itu, perlu pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa dimulai dari penggunaan bahasa Indonesia, ucapnya. (IWSB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar