News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PWI Kabupaten Tanah Datar Sambangi PWI Kota Bukittinggi, PWI Musi Banyuasin "Iyo Pulo"

PWI Kabupaten Tanah Datar Sambangi PWI Kota Bukittinggi, PWI Musi Banyuasin "Iyo Pulo"

keterangan foto: Ketua PWI Kabupaten Tanah Datar Mustafa Akmal DT Sidi Ali beserta  pengurus disambut ramah Ketua PWI Kota Bukittinggi Anasrul bersama pengurus 

RMT, Bukittinggi -  Diketahui, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) adalah organisasi wartawan pertama di Indonesia. PWI berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta. Tanggal tersebut juda disebut sebagai Hari Pers Nasional. Dengan lahirnya PWI. wartawan Indonesia menjadi tangguh untuk tampil sebagai ujung tombak perjuangan Indonesia dalam menentang kembalinya kolonialisme dan negara lain yang ingin meruntuhkan RI. Organisasi PWI lahir mendahului SPS (Serikat Penerbit Suratkabar). Aspirasi perjuangan kewartawanan Indonesia yang melahirkan PWI juga yang melahirkan SPS, empat bulan kemudian yakni pada Juni 1946.

PWI menjadi wadah para wartawan untuk memperjuangkan bangsa lewat tulisan. Sejauh ini, sebagaimana para jurnalis Indonesia di masa penggalangan kesadaran bangsa, para wartawan dari generasi 1945 yang masih aktif tetap menjalankan profesinya dengan semangat mengutamakan perjuangan bangsa, kendati ada kendala menghadang kiprahnya. PWI sendiri mempunyai keanggotaan yang berasal dari seluruh Indonesia.

VISI : Menjadikan PWI organisasi profesional dan bermartabat di era transformasi lanskap media dengan spirit kebangsaan, kebebasan, dan kreativitas digital.

MISI : Menjadikan PWI organisasi profesional dan bermartabat di era transformasi lanskap media dengan spirit kebangsaan, kebebasan, dan kreativitas digital.

Keterangan foto:  Suasana temu ramah Pengurus PWI Kabupaten Tanah Datar  di Sekretariat PWI kota Bukittinggi

Sekaitan dengan itu keberadaan PWI di daerah mendukung eksistensi  PWI yang ada di Indonesia, sepertihalnya  PWI Kabupaten Tanah Datar dan Kota Bukittinggi. Terbukti hari ini, Kamis (26/11/2020) agenda mewujudkan sillahturrahmi antar para wartawan  berlangsung di Sekretariat PWI kota Bukittinggi di  jalan Ombilin Belakang Balok.

Pengurus PWI Kabupaten Tanah Datar yang diketuai oleh Mustafa Akmal DT Sidi Ali bersama kepengurusan menyambangi PWI kota Bukittinggi. Disebutkan, anjang sana yang dilakukan ini sebenarnya sudah lama direncanakan sehingga  keinginan itu baru dapat terealisasi sekarang. 

Keterangan Foto: para wartawan, pengurus PWI Kabupaten Tanah Datar

Ketua PWI Kabupaten Tanah Datar Mustafa Akmal DT Sidi Ali mengatakan  sejak dilantiknya kepengurusan maka kegiatan untuk menjalin sillahturrahmi  seperti kunjungan ke masing- masing PWI Kabupaten/Kota  di Sumatera Barat merupakan salah satu program berkelanjutan, dikarenakan tanpa saling berkoordinasi dan berkomunikasi  maka tujuan yang didambakan tidak mampu tercapai. Disamping itu,  visi misi organinasi diupayakan terwujud dengan sinergi semua pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat.

Ditambahkan Wartawan Padang Ekspres ini, pihaknya ingin mendapatkan gambaran atau input untuk  menjawab persoalan yang dihadapi kepengurusan serupa penempatan kantor atau sekretariat PWI yang representatif, regenerasi organisasi dan pengkaderan, dan permasalahan lainnya. 

"Kami ingin sillahturrahmi  seperti kunjungan ke PWI kota Bukittinggi ini tidak hanya sekali tetapi sampai kapan pun tetap menjalin persaudaraan. Kita menginginkan kemajuan bersama untuk semua wartawan".ujarnya 

Keterangan foto : suasana pertemuan

Chandra Antoni, selaku Sekretaris PWI Kabupaten Tanah Datar  menyebutkan  pihaknya ingin istilah "status quo" terhadap kantor yang menaungi  para wartawan (PWI) di Luhak Nan Tuo segera mendapatkan solusi terbaik. Diterangkan Wartawan Post Metro Padang ini, ketika saling bertukar pikiran dan cerita  terhadap perkembangan jurnalistik. 

Dalam sesi diskusi yang berlangsung hangat dan akrab itu muncul beberapa tanggapan terhadap  jumlah kepengurusan PWI kota Bukittinggi yang menjadi barometer PWI Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, pasalnya pecah rekor terbanyak anggota yang mencapai angka 50 orang, sementara di PWI lainnya hanya berkisar belasan orang saja.

"Kami bangga dengan PWI kota Bukittinggi, anggotanya banyak, ada 50 orang, sementara kita hanya 13 orang, tentu kiat -kiat yang dilakukan PWI kota Bukittinggi dapat dicontoh, demi kemajuan dan kebersamaan".ucapnya

Keterangan foto: Penyerahan Cendera mata dari PWI Kabupaten Tanah Datar ke PWI kota Bukittinggi


Respon itu dijawab langsung  Ketua PWI kota  Bukittinggi H Anasrul didampingi Sekretaris Hanipon dan kepengurusan bahwa organisasi wartawan terbesar di tanah air ini mengedepankan keterbukaan untuk peningkatan kompetensi dan    penambahan pengalaman, pada akhirnya keinginan para insan jurnalis dari berbagai media difasilitasi untuk bergabung dengan tangan terbuka, asal patuh terhadap aturan yang diberlakukan memperkuat undang - undang pers.

Lebih jauh dijelaskan Wartawan Minangsatu.Com ini,  pihaknya tetap mengevaluasi komitmen setiap anggota yang telah bergabung dalam organisasi ini, PWI akan besar dengan kebersamaan dan kekeluargaan. Sejalan dengan pernyataan Mustafa Akmal DT Sidi Ali,  musyawarah dan mufakat  menjadi dasar untuk menyikapi lika liku berorganisasi.

"Kami merasa senang dengan saling kunjungi mengunjungi  seperti ini,  bukti kita badunsanak ya saling berkomunikasi, tak dapat dipungkiri dalam hidup pasti ada masalah yang dihadapi, yakinlah jika dengan musyawarah dan  mufakat semuanya menemukan jalan keluar". tambahnya

Keterangan foto: makan siang bersama

Diterangkan, peningkatan kompetensi para wartawan pun menjadi  fokus keorganisasian. Keseluruhan   pengurus PWI Kabupaten Tanah Datar telah bersertifikat lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW), sedangkan di kepengurusan PWI kota Bukittinggi masih ada wartawan yang belum mengantongi UKW, namun dari program berkala tahapan sudah dilalui dengan suksesnya Karya Latihan Wartawan (KLW) yang dilaksanakan belum lama ini. Direncanakan  di tahun 2021 PWI kota Bukittinggi akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dukungan pemerintah daerah diperlukan untuk menindaklanjuti program tersebut.

Keterangan foto:  foto bersama di depan sekretariat PWI Kota Bukittinggi


Dalam kesempatan yang sama, kunjungan PWI Kabupaten Tanah Datar ke PWI kota Bukittinggi lebih melengkapi, dikarenakan hadirnya sejumlah pengurus PWI Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.  Kedatangan ini merupakan bentuk balasan atas  Study Banding Wartawan (PWI) kota Bukittinggi difasilitasi humas Pemko Bukittinggi pada 11 - 14 November 2020 ke Sumatera Selatan. Kesemuanya untuk mampaaerek raso badunsanak, bia kampuang jo rantau ba jauahan, namun hati tatap ciek untuak basamo.
(TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar