News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Berlandaskan Kesatuan dan Persatuan Alumni Surau Darul ‘Ulum SMA Negeri 1 Tilkam Kabupaten Agam Diresmikan

Berlandaskan Kesatuan dan Persatuan Alumni Surau Darul ‘Ulum SMA Negeri 1 Tilkam Kabupaten Agam Diresmikan

Keterangan foto : Idris Hadi Sikumbang Ketua umum Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Tilatang Kamang foto bersama

RMT, Bukittinggi - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menginginkan peserta didik memiliki karakter baik yang dilandasi nilai keagamaan dan norma  yang diberlakukan di kehidupan bermasyarakat.

Terkait hal itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mencermati  pendidikan karakter seharusnya muncul dari aktivitas baik yang dilakukan oleh generasi muda yang dimulai di satuan pendidikan.

Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno saat meresmikan Surau Darul ‘Ulum SMA Negeri 1 Tilatang Kamang Kabupaten Agam, Rabu (23/2/2020) mengatakan Masjid dan Surau semestinya menjadi sarana terbaik untuk melatih dan memperkuat pendidikan karakter pelajar di sekolah. Rumah ibadah tersebut perlu mendapatkan rangkaian program  pembinaan generasi.

Bukan hanya semata  sebagai tempat untuk mendirikan ibadah sholat. Irwan Prayitno mengapresiasi sinergitas para alumni SMA Negeri 1 Tilatang Kamang yang berhasil mewujudkan Surau Darul ‘Ulum dengan dana swadaya alumni, ucap Irwan Prayitno.

Pada peresmian Surau Darul ‘Ulum SMA Negeri 1 Tilatang Kamang Kabupaten Agam dihadiri anggota DPR RI Nevi Zuairina, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah yang kini terpilih menjadi Gubernur Provinsi Sumatera Barat periode 2020-2025 dalam Pilkada serentak, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Barat Buya Gusrizal Gazahar, Bupati Agam terpilih pilkada serentak 2020, Andri Warman.

Keterangan foto: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Anggota DPR RI Nevi Zuairina, Walikota Padang/Gubernur Terpilih Mahyeldi Ansharullah, Andri Warman (Bupati Agam terpilih), Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri

Tampak juga, Kepala dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Agam, Ninik Mamak, Alim Ulama, Bundo Kanduang, perangkat daerah lainnya, kepala sekolah dan majelis guru, komite sekolah dan ratusan Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Tilatang Kamang (Ikasmantika) Kabupaten Agam.

Sementara itu Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah yang kini terpilih menjadi Gubernur Provinsi Sumatera Barat periode 2020-2025 dalam Pilkada serentak, menyebutkan pihaknya sebagai salah seorang putra luhak Agam terkhusus Kecamatan Tilatang Kamang merasa terpanggil untuk menindaklanjuti semangat dan bukti nyata tekad para alumni SMA Negeri 1 Tilatang Kamang.

Sehingga terealisasi Surau Darul ‘Ulum yang berada tepat di tengah areal sekolah tersebut. Sependapat dengan pernyataan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno yang kini masih menjabat, pihaknya menyadari program pendidikan karakter mengakar dari lini terdekat dengan pelajar serupa aktivitas dan rutinitas ibadahnya.

Namun mencermati kondisi real di lapangan masih banyak satuan pendidikan yakni sekolah mengeluhkan dan menginginkan ketersediaan sarana dan prasarana tempat ibadah seperti Masjid atau Musholla atau Surau yang representatif.

Surau Darul ‘Ulum SMA Negeri 1 Tilatang Kamang Kabupaten Agam ini dibangun sejak maret 2019  dan rampung di bulan Oktober tahun 2020, para alumni sekolah yang familiar dikenal dengan nama Ikasmantika “Kita Satu” masih mengupayakan penyelesaian hingga 100 persen dan menelan anggaran sebesar 3 miliar rupiah, ungkap Mahyeldi.

Sedangkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Barat Buya Gusrizal Gazahar mengajak masyarakat tidak memandang Surau sebagai rumah ibadah semata, melainkan mendasari dengan filosofi dan sejarahnya  ada di Minangkabau.
Buya Gusrizal Gazahar saat memberikan tausiah menjelaskan Surau merupakan cikal bakal  keberadaan madrasah dan perguruan, sejarah berdirinya perguruan  dan madrasah  yang tersebar di Provinsi Sumatera Barat sebagai institusi pendidikan sejatinya berawal dari Surau.

Keterangan foto: "oto sirah", mobil operasional dari IKASMANTIKA 

Ulama di kalangan tarbiyah menamakan institusi pendidikannya dengan madrasah sehingga dikenal  terdapat Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah (MTI), kemudian di kalangan Muhammadiyah Pusat pembinaan dikenal dengan perguruan. Buya Gusrizal Gazahar ingin institusi pendidikan tersebut perlu mengkaji kembali tentang Surau, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Idris Hadi Sikumbang Ketua umum Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Tilatang Kamang (Ikasmantika) Kabupaten Agam dengan hastagnya “Kita Satu” mengatakan pihaknya optimis tausiah yang disampaikan Buya Gusrizal Gazahar melatar belakangi sejarah berdirinya Surau Darul ‘Ulum di sekolah ini.

Dikarenakan  semangat dan dedikasi para alumni tidak semata untuk mewujudkan rumah ibadah representatif bernilai 3 miliar rupiah  saja, tetapi menginginkan pembinaan dan pendidikan karakter  terwujud guna mempersiapkan  generasi tangguh  dengan intelektual namun dilandasi dan dibentengi keimanan dan ketaqwaan kepada sang pencipta yang kuat.

Diketahui, sebelum berdirinya Surau Darul ‘Ulum para pelajar SMA Negeri 1 Tilatang Kamang Kabupaten Agam ini hanya mampu memfasilitasi jamaah maksimal 50 orang untuk mengerjakan ibadah sholat.

Melihat hal seperti itu, para alumni bersepakat untuk membangun tempat ibadah yang lebih representatif dan lebih besar lagi, begitupun tempatnya harus ditengah-tengah dan bukannya dibelakang yang ada sebelumnya.

Alhamdulillah dengan berlandasakan keyakinan kepada Allah SWT dengan mengucap Basmallah, Surau Darul ‘Ulum ini berdiri dengan megahnya dapat menampung lebih dari 600 peserta didik di sekolah tersebut  untuk sholat berjemaah.

Wujud sinergitas dengan masyarakat yang telah menghibahkan tanahnya untuk berdirinya Surau Darul ‘Ulum di lingkungan sekolah itu, ini adalah bentuk kedekatan alumni secara keseluruhan dan juga kedekatan dengan masyarakat di lingkungan sekolah, pungkas Idris Hadi Sikumbang. (IWSB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar