News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittnggi Simulasi Pemungutan Suara Pilkada Serentak 2020 Berjalan Sukses

Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittnggi Simulasi Pemungutan Suara Pilkada Serentak 2020 Berjalan Sukses

Keterangan foto : Foto bersama - Camat Guguak Panjang, Kapolsek Bukitinggi, Danramil 01, Devisi Tehnik KPU Bukittinggi, PPK dan Bawascam


RMT,Bukittinggi- Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi menggelar simulasi pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di halaman kantor Camat setempat, Jumat (4/12/2020) diikuti seluruh petugas yang terlibat langsung dalam Pilkada 9 Desember 2020 dan Lurah se Kecamatan Guguk Panjang.
Kegiatan ini bekerjasama dengan KPU Kota Bukittinggi, Bawaslu Kota Bukittinggi, Polsek Kota Bukittinggi, Koramil 01 Kota Bukittinggi, Penyelenggara Pemilu Kecamatan (PPK) Guguak Panjang dan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Guguak Panjang.

Sebelum simulasi dilakukan, Camat Guguak Panjang Syanjifaredy Filla Ferde dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini adalah dalam rangka edukasi bagi masyarakat Kecamatan Guguak Panjang dalam melaksanakan Pemilu Serentak 2020. Pada Pemilu Serentak tahun 2020 ada perbedaan, karena kini dalam situasi pandemi COVID-19, tentunya peraturan-peraturan dan aturan-aturan perlu kita sesuaikan.

Banyak hal yang perlu kita sosialisasikan, baik itu penyelenggaraan pelaksanaan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) maupun warga masyarakat Kecamatan Guguak Panjang yang perlu diketahui. Simulasi yang diadakan kini dilakukan benar-benar dengan kondisi seperti pelaksanaan Pemilu pada tanggal 9 Desember 2020 nanti.

Simulasi ini adalah bukti kesiapan Kecamatan Guguak Panjang dalam menghadapi Pemilu Serentak 2020, di Kecamatan Guguak Panjang terdiri dari 7 Kelurahan dan terdapat sebanyak 79 TPS. Dengan adanya pengamanan dari kepolisian dan kodim 0304 Agam di setiap TPS, Camat Guguak Panjang Syanjifaredy Filla Ferde mengharapkan Pemilu Serentak 2020 dapat berjalan dengan sukses, aman, damai, dan tertib sesuai aturan yang ada serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu Yasrul Divisi Teknik KPU Kota Bukittinggi menjelaskan, sebelum petugas KPPS dan saksi-saksi menempati posisinya masing-masing, ruangan TPS harus di semprotkan disinfektan lebih dahulu. Pada saat mulai pencoblosan petugas dan saksi memakai Alat Pelindung Diri (APD) dan pemilih diharuskan memakai masker.

Ketua KPPS memberikan petunjuk kepada pemilih untuk melihat lebih dahulu namanya di DPT dan daftar pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, kemudian mencuci tangan dilanjutkan mengukur suhu badan sebelum masuk ruang TPS. Jika ada pemilih yang suhu badannya melebihi 37,3 derajat celsius disediakan bilik khusus agar cepat keluarnya.

Sebelum duduk di dalam ruang TPS harus diatur jaraknya 1 meter, harus mendaftar di petugas KPPS dan petugas KPPS memberikan sarung tangan plastik. Setelah mencoblos, pemilih keluar diberi tetesan tinta sebagai tanda sudah mencoblos, dan langsung mencuci tangan di tempat pintu keluar, kata Yasrul.

Sedangkan Kapolsek Kota Bukittinggi AKP Dedy Ardiansyah Putra mengatakan pihak kepolisian siap melakukan pengamanan jika terjadi yang tidak diinginkan, simulasi pemungutan suara biasanya di tingkat Kabupaten/Kota, tapi pada saat ini simulasi dilakukan di kantor Kecamatan Guguak Panjang.

Simulasi ini untuk memberikan gambaran tahapan-tahapan pelaksanaan pilkada, terutama pada saat pencoblosan di TPS. Kapolsek Dedy Ardiansyah menyampaikan bahwasannya penyelenggara Pilkada 2020 siap melaksanakan dan mensukseskan termasuk dari pihak keamanan siap memberikan rasa aman, nyaman kepada masyarakat yang mempunyai hak pilih, ucapnya. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar