News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Polsek Tanjung Raya Cermati Pelaksanaan Pemilukada Serentak di 9 Nagari di Salingka Danau Maninjau Berjalan Aman dan Lancar

Polsek Tanjung Raya Cermati Pelaksanaan Pemilukada Serentak di 9 Nagari di Salingka Danau Maninjau Berjalan Aman dan Lancar

keterangan foto: Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto

RMT, Maninjau: Sukses Pesta demokrasi lima tahunan yakni Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak tahun 2020 merupakan hasil kerja keras bersama, baik penyelenggara pemilu serupa KPU, Bawaslu, bersinergi dengan TNI dan Polri, beserta banyak unsur tentu juga partisipasi masyarakat sebagai pemilih.

Terkait hal itu, Institusi Kepolisian berupaya untuk memberikan pengamanan demi terwujudnya Pemilukada yang berintegritas dan berkualitas, mengedepankan pencapaian situasi daerah yang kondusif.

Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan,  melalui Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto, Jumat (11/12/2020)  mengatakan pihaknya telah monitoring kesiapan untuk pengamanan Pemilukada di salingka Danau Maninjau.

Ia menambahkan, terdapat beberapa daerah di Kecamatan Tanjung Raya yang bertopografi dan demografinya cukup jauh dari pusat keramaian atau kecamatan, seperti halnya Daerah yang bernama Data, di titik itu penempatan personil lebih diperkuat untuk mengantisipasi tingkat kerawanan dan pelanggaran pemilukada. Dikatakan, personil polisi pun mengawal pendistribusian logistik pemilu dan perlengkapan Protokol Kesehatan.

Yudi Partanto menyebutkan pihaknya mendapatkan informasi terdapatnya  sekitar 97 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di nagari  di salingka danau maninjau, kemudian dikerahkan 29 personil untuk pengamanan TPS di 9 Nagari di Kecamatan Tanjung Raya ini. 

"Memang ada 1 personil kepolisian yang mengamankan 1 hingga 4 TPS, tapi ada juga 1 TPS ditempatkan 1 orang anggota, baik dari Polres atau Polsek. Itu didasari pencermatan pimpinan dan jajaran terhadap tingkat kerawanan pelaksanaan pemungutan suara lalu".ujarnya

Keterangan foto:  di depan ruang Kapolsek Tanjung Raya

Diakui, pelaksanaan Pemilukada serentak tahun 2020 ini berbeda pelaksanaannya jika dibandingkan pada pemilu silam. Hal tersebut dikarenakan berada di masa pandemi covid-19, sehingga upaya untuk memutus mata rantainya bukan semata diucapkan melainkan harus dibuktikan di lapangan.

Kapolsek menjelaskan, aparat yang bertugas  dalam pengaman pemilukada lalu juga diminta untuk ikut mengedukasi masyarakat sebagai pemilih agar menerapkan protokol kesehatan, sebelum berangkat ke TPS memakai masker, kemudian setelah tiba di lokasi pemungutan maka petugas linmas meminta pemilih mencuci tangan, mengukur suhu tubuh, mengenakan sarung tangan ,dan antri dengan duduk berjarak hingga dipanggil untuk mencoblos di bilik suara.

"Benar, aparat yang bertugas pada pemungutan suara lalu juga diintrusksikan  untuk mengajak masayarakat tetap patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan". tambahnya

Jajaran kopolisian termasuk di Polres Agam dan Polsek Tanjung Raya  tetap memberikan  kepercayaan bagi masyarakat agar setiap orang berperan untuk penanganan dan pengendalian virus corona. Aparat yang bertugas dalam pengamanan telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan melalui swab sehingga diantisipasi lebih dini munculnya kluster baru penyebaran covid-19 pada pelaksanaan Pemilukada.

(Maindo/TJ)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar