News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Relawan PMI Kota Bukittinggi Berhasil Evakuasi Korban Di Dalam Ngarai

Relawan PMI Kota Bukittinggi Berhasil Evakuasi Korban Di Dalam Ngarai

Keterangan foto : Relawan PMI Kota Bukittinggi bersama warga masyarakat saat mengevakuasi korban yang terjatuh ke dalam ngarai

RMT, Bukittinggi - Ahmad Jais Kepala markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi menjelaskan, Rabu (16/12/2020) dengan kesigapan relawan PMI Kota Bukittinggi yang sudah terlatih mengikuti berbagai pelatihan spesialisasi pertolongan pertama dalam membantu jiwa kemanusiaan, berhasil mengevakuasi korban yang terjatuh di dalam ngarai.

Markas PMI Kota Bukittinggi mendapat informasi, Rabu (16/12/2020) melalui telepon sekitar jam 13.03 Wib dari seorang warga masyarakat sekitar lokasi tergelincirnya korban ke dalam Ngarai, tepatnya di jalan samping stadion sepakbola Atas Ngarai, RT 06 RW 01 Kelurahan Kayu Kubu Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi.

Berdasarkan informasi tersebut Ahmad Jais beserta relawan langsung dengan sigap bergerak menuju lokasi tempat kejadian yang sangat curam kedalamannya kurang lebih 120 meter, proses evakuasi berjalan cepat dengan waktu sekitar 1 jam sudah dapat dilaksanakan.

Relawan PMI Kota Bukittinggi sebanyak 9 orang berikut perlengkapan dan peralatan yang dimiliki dibantu BPBD, kepolisian, TNI, Damkar dan warga masyarakat setempat berhasil membawa korban dalam keadaan tidak bernyawa lagi dan langsung dibawa menggunakan kendaraan ambulance PMI Kota Bukittinggi ke Rumah Sakit Ahmad Muchtar.

Dijelaskan Ahmad Jais, menurut keterangan warga masyarakat, korban dalam kondisi sakit kejiwaan tiba-tiba tergelincir ke dalam ngarai (jurang), korban yang bernama Aji Soko alias Gondrong usia 35 tahun suku Jawa, belum berkeluarga.

Ditambahkan keterangannya, inilah bukti nyata sinegritas relawan PMI Kota Bukittinggi nampak di masyarakat bahwa PMI Kota Bukittinggi dengan hastag "PMI siap bantu" jiwa kemanusiaan pada suatu musibah yang terjadi.

Setiap kejadian musibah apapun bentuknya, relawan dapat melaksanakan dan melakukan pertolongan. Jumlah keseluruhan relawan yang aktif piket di PMI Kota Bukittinggi sebanyak 30 orang dan penugasan piket setiap hari sebanyak 6 hingga 8 orang, relawan yang piket ini bertanggung jawab atas kegiatan pertolongan pertama yang dibutuhkan masyarakat.

Gerakan membantu dan menolong kemanusiaan yang dilakukan relawan PMI Kota Bukittinggi, ini adalah bentuk pertanggungjawaban dana yang dihibahkan Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi kepada PMI Kota Bukittinggi, yang mana selama ini melakukan pelatihan-pelatihan dengan menggunakan dana hibah.

PMI Kota Bukittinggi kini sedang gencarnya melakukan pemasangan stiker layanan prima itu yang tertera nomor telepon markas 0752-627899 dan nomor telp hp 0813-1234-9119 dan 0852-5754-9709, nomor komunikasi ini aktif 24 jam, agar masyarakat dapat langsung menghubungi markas PMI Kota Bukittinggi untuk meminta bantuan dan pertolongan.

Layanan prima tersebut melayani ambulance medis maupun ambulance jenazah, pertolongan kebencanaan memiliki peralatan lengkap, dan juga memberikan pertolongan kepada masyarakat tentang gangguan hewan yang membahayakan, seperti sarang lebah, ular dan hewan liar lainnya.

Tidak itu saja PMI Kota Bukittinggi memberikan pertolongan kepada masyarakat, relawan PMI Kota Bukittinggi pun memberikan pertolongan keluhan-keluhan masyarakat, seperti mencari orang hilang untuk mempertemukan dengan keluarganya, pungkas Ahmad Jais.(ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar