News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DINAS KESEHATAN KABUPATEN TANAH DATAR TELAH SIAPKAN SEJUMLAH LANGKAH DI TAHUN 2020 LALU DUKUNG VAKSINASI COVID-19

DINAS KESEHATAN KABUPATEN TANAH DATAR TELAH SIAPKAN SEJUMLAH LANGKAH DI TAHUN 2020 LALU DUKUNG VAKSINASI COVID-19

keterangan foto: Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

RMT, Tanah Datar: Pemerintah Kabupaten Tanah Datar siap melalui Dinas Kesehatan setempat mendukung Program Vaksinasi Covid-19 yang masih berproses hingga saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar dr Yesrita Zendriani, M.Kes, Selasa (05/01/2021) mengatakan pihaknya telah melaksanakan pelatihan terhadap tenaga yang bertugas ketika dilakukannya Vaksinasi Covid-19. Pelatihan itu dilaksanakan secara daring di tahun 2020 lalu, dimana ada dua orang petugas setiap puskesmas ditambah satu orang dari Dinas Kesehatan.

Keterangan foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar dr Yesrita Zendrianis, M.Kes bersama Plt Bupati Tanah Datar Zuldafri Dharma

Disebutkan, pada tahun 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar sudah menyusun pembiayaan jika dilaksanakan Program Vaksinasi Covid-19, walaupun masih menunggu informasi terbaru sesuai Peraturan Kementerian Dalam Negeri terkait Refokusing anggaran. Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar juga telah mengupayakan program sosialisasi pentingnya dilakukan vaksinasi Covid-19 itu.

"Kita sudah laksanakan pelatihan secara daring dua petugas disemua Puskesmas ditambah satu orang dari Dinas Kesehatan. Terus untuk persiapan yang lain, kita sudah menyusun biaya, cuma kita belum punya biaya untuk tahun 2021, informasi dari Permendagri yang terbaru nanti dilakukan refokusing anggaran. Kemudian, kita sudah melaksanakan himbauan - himbauan untuk pelaksanaan Vaksinasi."ujarnya

Keterangan Foto :dr Yesrita Zendrianis, M.Kes

Diketahui, pada Oktober 2020 lalu, Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta menyampaikan bahwa vaksin ini jangan tergesa-gesa dikarenakan sangat kompleks, dapat mempengaruhi persepsi di tengah masyarakat . Diperlukan komunikasi yang baik untuk penyampaian informasi berkaitan dengan Vaksin dan Vaksinasi, apakah berkaitan dengan halal dan haram, harga, kualitas, dan distribusinya.

Keterangan Foto: Salah satu indikator 3 M, mencuci tangan

Terkait hal itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar belum menerima tanggapan dari masyarakat di luhak nan tuo terhadap pelaksanaan vaksinasi Covid-19, tentu jika ada penolakan warga, sambung Yesrita Zendrianis menyebutkan  pihaknya akan memberikan pemahaman dan literasi terkait vaksinasi tersebut.

"Dari hasil rapat dengan Kementerian Kesehatan RI dan Provinsi beberapa waktu lalu, kita tidak perlu melakukan deteksi sasaran, karena sasaran itu sudah ada di dalam Pcare BPJS Kesehatan,  selanjutnya Pcare akan ketersambungan dengan android yang bersangkutan, disitu ada pertanyaan - pertanyaan, yang akan divaksin adalah orang yang berumur 18 sampai 59 tahun, nanti akan ada jawaban disitu (Pcare), apakah anda punya komorbit iya atau tidak, karena orang yang punya komorbit dan yang pernah positif Covid-19 tidak boleh divaksinasi.".ucapnya

"Sampai sekarang belum ada kita menerima  penolakan dari warga, tapi jika itu terjadi kita akan lakukan sosialisasi, himbauan,  kita akan sampaikan  literasi dan edukasi pentingnya vaksinasi Covid-19."tambahnya

Keterangan Foto: Literasi tentang Covid-19 yang semestinya diketahui oleh Publik

Sementara itu, Ditegaskan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo implementasi pemberian vaksin Covid-19 harus dilaksanakan secara hati - hati, dibutuhkan penjelasan  terkait masyarakat yang secara gratis mendapatkannya dan orang yang menerimanya secara mandiri. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi miskomunikasi antara publik dengan pemerintah. Presiden tidak ingim  program vaksinasi dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan isu yang tidak benar. Jokowi memerintahkan Kementerian Kesehatan RI  untuk mengakomodir Vaksin secara gratis, sedangkan untuk Vaksin Covid-19 secara mandiri atau berbayar diatur oleh Kementerian BUMN.

(MAINDO/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar