News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Walikota M Ramlan Nurmatias: Kantor Lurah Pakan Kurai Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi Bukan Semata Bangunan Milik Pemerintah, Lantas Warga?

Walikota M Ramlan Nurmatias: Kantor Lurah Pakan Kurai Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi Bukan Semata Bangunan Milik Pemerintah, Lantas Warga?

keterangan foto: Walikota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias menandatangani prasasti Kelurahan Pakan Kurai, didampingi Sekda Yuen Karnova, Ketua DPRD Herman Sofyan, Asisten 1 Nofrianto CH, Assisten 3 Zet Buyung, Anggota DPRD Irman Bahar, Anggota DPRD Edison Katik Basa, Tokoh masayarakat Pakan Kurai, Camat Guguak Panjang Syanji Filla, Lurah Pakan Kurai Tomi Hidayat dan pejabat di lingkungan pemko serta disaksikan tamu undangan

RMT, Bukittinggi: Keberadaan kantor lurah di Kota Bukittinggi sejatinya diperuntukkan terhadap sarana pelayanan publik, sehingga infrastruktur ini bukan hanya bermodalkan kemegahan dan representatif, melainkan bukti nyata menjawab kebutuhan dan urusan warga, termasuk memfasilitasi beberapa kegiatan yang hajat orang banyak. 

Hal demikian disampaikan Walikota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias, usai peresmian Kantor Lurah Pakan Kurai Kecamatan Guguak Panjang di Jalan Prof. Hamka, kawasan Simpang Landbauw,  Rabu (6/01/2020). Ia mengatakan pemerintah bukan semata membangun gedung perkantoran dengan menggunakan dana APBD, termasuk diperuntukkan terhadap pembangunan Kantor Lurah Pakan Kurai ini. Hadirnya Kantor Lurah yang representatif didasari kebutuhan masyarakat. Kantor Lurah Pakan Kurai Kecamatan Guguak Panjang

Keterangan Foto : Walikota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias ketika diwawancari sejumlah awak media

"Kita hari ini meresmikan Kantor Lurah Pakan Kurai, ini kita bangun dari dana APBD, tanah kita beli dan kita anggarkan, tentu dengan  adanya kantor baru ini kita berharap pelayanan agar lebih baik, kantor ini dibangun bukan untuk kepentingan pemerintah saja, tapi juga untuk kepentingan masyarakat. Lantai 2 itu kita disain untuk kantor LPM, PKK dan kantor lainnya, masyarakat juga dapat melaksanakan kegiatan di lantai 2 itu."ucapnya

Keterangan foto: Penampilan Murid SD Negeri 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi " Golombang dan Tari Pasambahan"


Camat Guguak Panjang  Syanji Filla dalam laporannya menyampaikan kelurahan merupakan intansi pemerintah Indonesia, sebagai bagian dari SKPD Kecamatan yang tugasnya bersentuhan langsung dengan masyarakat baik itu dalam bidang pelayanan pembangunan maupun pemberdayaan. Kelurahan juga tempat awal dari seluruh pelayanan dan sebagai muara dari pelaksanaan tugas SKPD dan pemerintah daerah. Disebutkan, untuk memberikan pelayanan prima dan maksimal atau excellent service kepada masyarakat tentu dibutuhkan sarana dan prasarana pendukung yang representative dan kondusif dikarena pelayanan bukan hanya masalah administrasi saja tetapi menyangkut kenyamanan dan kepuasan. Pada tahun 2017, berdasarkan perkembangan dari rembuk warga dan diusulkan untuk pengembangan kantor lurah baru, karena dirasa kantor lurah yang ada dengan luas tanah hanya 119 M2 dan luas bangunan 160 M2 sudah tidak kondusif lagi untuk pelayanan dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan untuk memfasilitasi masyarakat pakan kurai yang berjumlah   6.907 jiwa. 
Keterangan foto: Kantor Lurah Pakan Kurai milik pemerintah digunakan untuk masyarakat


Lebih lanjut dikatakan Camat Syanji Filla, kemudian ditindaklanjuti dengan menginventarisasi kebutuhan tanah dan diwujudkan dalam dokumen perencanaan pengadaan tanah. Berdasarkan RPJMD Kota Bukittinggi tahun 2016-2021, salah satu sasaran strategis kota adalah penyediaan sarana dan prasarana kota termasuk sarana dan prasarana pemerintah sehingga pada tahun 2018. Pemerintah daerah bersama DPRD kota Bukittinggi menganggarkan kegiatan pengadaan tanah dalam APBD 2018 dan direalisasikan untuk pergantian tanah, bangunan dan toko melalui kajian lembaga Appraisal sebesar Rp 4.171.500.000,-.

Keterangan foto: Camat Guguak Panjang Syanji Filla bersama Lurah Pakan Kurai jelang peresmian

Selanjutnya, pada APBD 2019 dianggarkan  Rp 2.899.618.300,- untuk pembangunan tahap 1 terhadap gedung kantor lurah pakan kurai diatas tanah 709 M2 dengan bangunan 629 M2 dan mushola 23 meter persegi. Sementara , pada tahun 2020 telah dirampungkan lanjutan pembangunan gedung kantor lurah pakan kurai ini dengan serapan anggaran sebesar Rp 1.240.347 776,-. 

Walaupun dimasa pandemi Covid-19 anggaran tetap menjadi prioritas dan tidak dilakukan refocusing anggaran. Pembangunan Kantor Lurah Pakansari Kurai  telah selesai pada bulan September 2020 agar dapat dimanfaatkan untuk melayani masyarakat. 

Keterangan foto: rombongan tiba di lokasi acara di halaman Kantor Lurah Pakan Kurai

"kantor lurah kita ini cukup istimewa karena selain letaknya sangat strategis juga memiliki mushola yang terpisah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat titik kantor yang sangat berapa static ini juga dapat dimanfaatkan bantu pertemuan masyarakat secara luas dan mampu menampung kegiatan serta sekretariat lembaga kemasyarakatan seperti LPM, PKK, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, dan kegiatan serta peruntukkan lainnya. Kelurahan Pakan Kurai menjadi sehat karena selisih luas dengan bangunan yang lama 533 m2".ujarnya

"Dengan adanya gedung Kantor Lurah Pakan Kurai yang megah dan dan sangat representative ini tentu semakin mengangkat derajat Kelurahan pakan kurai selain salah satu Kelurahan pada lima penghargaan kotaku dan banyak program pemerintah lainnya sehingga Kelurahan ini ini semakin tertata secara baik walaupun masih ada beberapa Apa "PR" yang perlu kajian dan tindak lanjut kita bersama titik Moto Kelurahan yang selama ini "Pakan Kurai Move On" dirubah menjadi "Pakan Kurai Ceria", mampu terealisasi. " tambahnya

Keterangan Foto: tampilan pelayanan di kantor Lurah Pakan Kurai kota Bukittinggi

Lurah Pakan Kurai Tomi Hidayat menyebutkan rampungnya pembangunan Kantor Lurah ini menjadi prestasi bersama, bukan semata kerja keras Lurah tetapi bukti sinergitas yang terjalin baik. 

Aspirasinya masyarakat Pakan Kurai yang mengapung setiap dilaksanakannya pra dan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) termuat kebutuhan Kantor Lurah representatif dengan mengacu pada peruntukkan yang jelas. Disebutkan Tomi Hidayat, keberadaan Kantor Lurah Pakan Kurai sekarang memang patut dimaknai bersama oleh semua pihak. 

Keterangan foto: Lurah Pakan Kurai Kecamatan Guguak Panjang Tomi Hidayat

"Setiap kegiatan pra dan musrenbang  masyarakat selalu berkeinginan untuk adanya kantor lurah yang baru dan representatif, sebagaimana kita ketahui bersama, Pakan Kurai tidak begitu luas, penduduknya hanya mencapai angka 7000 orang, namun mobilitas mass dan berurusan ke kantor lurah cukup tinggi, sebelumnya kantor lurah berada di tanah yang terbatas untuk dilakukan pengembangan  sehingga tidak ada tempat parkir yang luas, bidang tanah itu pun tidak persegi".ujarnya

Sementara, pada prosesi pengguntingan pita tanda peresmian Kantor Lurah Pakan Kurai yang berlangsung itu menunjukkan kolaborasi semua unsur, capaian dan perubahan terhadap Pakan Kurai tidak dapat dipandang sebelah mata, pemerintah kelurahan saling bahu membahu menggali potensi yang dimiliki masyarakat. Begitu juga halnya, mensinkronisasikan talenta yang ada, terbukti keberadaan SD Negeri 03 Pakan Kurai di Simpang Mandiangin memberikan dedikasi hebat, minat bakat murid sekolah dasar yang dipimpin oleh Artispen menunjukkan fasilitasi penampilan dan apresiasi, para bocah kecil itu memiliki kecakapan mengenal dan menggali tradisi minang serupa silek, menari dan bermain alat musik, hingga decak kagum tampak dari tamu yang hadir di halaman kantor Lurah itu. 

(MAINDO/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar