News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dari Kegemaran Masak Memasak Menjadi Kenyataan Membuka Usaha Rumahan Kuliner di Tengah Pandemi COVID-19

Dari Kegemaran Masak Memasak Menjadi Kenyataan Membuka Usaha Rumahan Kuliner di Tengah Pandemi COVID-19

Keterangan foto : Sri Yuliana Hartini Suyoto Ketua Seksi Kebudayaan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LVIII Kodim 0304 Agam saat menghidangkan


Bukittinggi - Ditengah pandemi COVID-19 ini, secara langsung mempengaruhi kegiatan-kegiatan dan perekonomian masyarakat. Biasanya ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LVIII Kodim 0304/Agam banyak kegiatan, tapi karena pendemi COVID-19 kegiatan dilakukan dengan virtual melalui webinar.

Untuk mengisi kekosongan kegiatan-kegiatan tersebut, Sri Yuliana Hartini Suyoto Ketua Seksi Kebudayaan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LVIII Kodim 0304/Agam menyalurkan kegemaran masak memasak dengan membuka usaha rumahan bidang kuliner makanan dan minuman di tengah pandemi COVID-19.

Sri Yuliana Hartini Suyoto di tempat usaha rumahannya, Sabtu (6/3/2021) menjelaskan, usaha kuliner ini berawal dari gemar masak memasak, maka memberanikan diri membuka usaha rumahan bidang kuliner makanan dan minuman yaitu spesipik ayam geprek ditambah dengan nasi, selain itu ada juga menu makanan lainnya seperti Dimsum ayam, Dimsum kepiting, Dimsum udang, Dimsum rumput laut, Dimsum Mix, roti bakar coklat meises, roti bakar coklat keju dan roti bakar keju. Untuk menu minuman ada tersedia black coffee Aceh, teh panas/dingin, lemon tea panas/dingin dan milo panas/dingin.

Sebelum pembukaan usaha rumahan bidang kuliner ini, terlebih dahulu dilakukan tiga kali penjajakan oleh kawan-kawan suami Sri Yuliana Hartini Suyoto,  Kapten Inf Chairul Muhammad (Pasi Ter) Kodim 0304 Agam, untuk mencicipi rasa masakan, karena kuliner makanan dan minuman yang akan disajikan adalah rasa, tentunya rasa enak yang dicari orang.

Keterangan foto : Usaha rumahan ayam geprek

Usaha kuliner ini dinamakan Pentras Food & Drink dibuka mulai tanggal 25 Februari 2021, malam harinya sebelum dibuka, Ny. Yosip Brozti Dadi istri Dandim 0304/Agam datang melihat langsung dan sangat peduli dengan usaha rumahan kuliner makanan dan minuman yang dikelola Sri Yuliana Hartini Suyoto, dan setiap bertemu Ny. Yosip Brozti Dadi selalu bertanya tentang usaha kuliner ini.

Tempat kuliner ini berada di lokasi strategis, nyaman dan rilek, Alhamdulillah setelah dibuka usaha kuliner ini banyak peminat yang makan dan minum di Pentras, bahkan ada juga yang memesan untuk dibawa pulang ke rumah.

Kemudian melihat sekitar rumah usaha kuliner ini banyak sekolah dan kampus, agar harganya terjangkau makan ayam geprek dan menu lainnya juga minuman untuk anak-anak pelajar dan mahasiswa, maka diberikan harga paket pelajar dan mahasiswa dibawah harga umum, ini adalah dengan mendasari jiwa saling bantu membantu agar pelajar dan mahasiswa dapat menikmati makan dan minum di Pentras.

Keterangan foto : Sri Yuliana Hartini Suyoto anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LVIII Kodim 0304 Agam saat melayani pengunjung

Proses pembuatannya begitu juga membeli ayam dan bahan kelengkapan masak memasak di pasar langsung dikerjakan sendiri oleh Sri Yuliana Hartini Suyoto, mengenai omset tidak menentu, kalau sepi sebanyak 60 porsi ayam dan jika ramai pengunjung bisa mencapai 150 porsi ayam.

Sri Yuliana Hartini Suyoto menjelaskan melihat banyaknya anak-anak pelajar dan mahasiswa begitu juga masyarakat umum yang menggemari ayam geprek, jadi ini dahulu yang dirintis. Rencana selanjutnya jika mengijinkan akan adanya pengembangan seperti frozen food yaitu ayam geprek yang telah diolah berikut bumbunya lalu dibekukan dengan frezzer.

Ini memudahkan pembeli jika pegawai atau karyawan dengan kesibukan pekerjaannya yang tidak dapat ditinggalkan, artinya pembeli tersebut tiba di rumah tinggal menggoreng saja untuk dimakan berikut sambelnya yang diberikan. 

Sedangkan suami Sri Yuliana Hartini Suyoto,  Kapten Inf Chairul Muhammad (Pasi Ter) Kodim 0304 Agam menjelaskan, kuliner Pentras buka pagi jam 10.00 hingga jam 22.00 Wib, ini untuk menjaga jangan sampai malam hari anak-anak di luar rumah. Di tempat ini pun disediakan wifi gratis untuk anak-anak pelajar maupun mahasiswa sambil makan dan minum dapat pula mengerjakan tugasnya. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar