News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PDAM Tirta Sago kota Payakumbuh Miliki 32 Ribu Pelanggan, Hari Air Sedunia perlu Dimaknai

PDAM Tirta Sago kota Payakumbuh Miliki 32 Ribu Pelanggan, Hari Air Sedunia perlu Dimaknai



RMT, Payakumbuh: Peringatan hari air sedunia setiap tanggal 22 Maret mampu dijadikan sebagai motivasi untuk berpikir, merasa, dan bersikap baik terhadap air yang memberikan manfaat banyak bagi sumber kehidupan manusia.

Masyarakat diseluruh dunia dapat menceritakan kisah, pemikiran dan perasaannya tentang air, dikarenakan butuh pengelolaan berkelanjutan dari sumber daya air tawar mencakup air bersih, sanitasi dan kebersihan yang sejalan dengan target tujuan pembangunan, dirilis dalam Laporan Pembangunan Air Dunia, PBB.

Menanggapi hal itu, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum (PDAM)Tirta Sago Payakumbuh ajak masyarakat terutama para pelanggannya menggunakan dan memanfaatkan air sebaik - baiknya, air  yang diperoleh dapat ditampung pada wadah yang bersih,dimasak dan disimpan  dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Direktur Utama PDAM Tirta Sago / PAM Tirta Sago Payakumbuh Dr. H .Khairul Ikhwan, S.Sos, MM mengatakan pihaknya tetap mengupayakan pengelolaan air bersih yang berstandar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, tema peringatan Hari Air Sedunia tahun ini, Senin (22/03/2021) yakni menghagai air sejatinya telah berproses ketika instansi ini melaksanakan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) di tengah publik. Ia menambahkan masyarakat juga diajak  untuk ikut menjaga ekosistem lingkungan terutama di kawasan sungai dan tanah, dikarenakan sumber air bersih yang digunakan PDAM Tirta Sago Payakumbuh berasal dari mata air dan air permukaan atau aliran sungai serupa dari Batang Tabik, Sungai Dareh, Sungai Situjuah dan Batang Agam.

Pencemaran tanah dan sungai akan berimbas pada kualitas air yang diproduksi atau dikonsumsi masyarakat, sehingga Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) dioptimalkan  agar air yang dialirkan dari sumber, diproses dan diproduksi hingga disalurkan ke rumah pelanggan terjamin kebersihan, keamanan, dan kualitas serta kadar kesehatannya.

"Secara umum kami mencermati sikap dan kesadaran masyarakat dalam menghargai air cukup baik, namun disebagian titik masih ada warga yang tidak menjaga lingkungan serupa membuang sampah ke sungai, tentu itu akan berimbas pada kualitas air yang diproduksi PDAM guna menghasilkan air bersih. Kemudian, masyarakat juga ada yang ditemukan belum dapat menggunakan air bersih secara baik, sehingga air terbuang percuma,"ujarnya



Direktur Utama PDAM Tirta Sago Payakumbuh Khairul Ikhwan menyebutkan program revitalisasi  jaringan pipa  yang menjadi agenda terpola instansi ini juga bertujuan untuk menjaga kualitas air bersih yang dihasilkan.

"Betul, kami lakukan perbaikan pipa yang mengalami kerusakan, atau usianya yang tidak layak bertujuan agar proses pengaliran air berjalan baik, kualitas air tetap terjaga dari hal- hal yang tidak kita inginkan, makanya pipa yang bocor, sudah tua kita ganti dan perbaiki,"tambahnya



Diketahui, saat ini terdapat 32 ribu pelanggan PDAM Tirta Sago Payakambuh sementara penduduk di daerah ini berjumlah sekitar 130 ribu orang. Angka itu masih didominasi oleh pelanggan rumah tangga, disusul perkantoran dan juga perhotelan.  Cakupan pelayanan PDAM Tirta Sago Payakumbuh sudah mencapai 98,5 persen sehingga 1,5 persen lagi ditargetkan tercapai keseluruhan direntang waktu satu hingga 2 tahun kedepan.

(AI RRI/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar