News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SDIRLITBANG Pusterad TA.2021 Lakukan Uji Coba Aplikasi Hallo Babinsa di Kodim 0304/Agam

SDIRLITBANG Pusterad TA.2021 Lakukan Uji Coba Aplikasi Hallo Babinsa di Kodim 0304/Agam

Keterangan foto : Kolonel Inf Adam Suwarno P, Sos. MM (Kasubdid Sedirlitbang Seterad) saat memberikan sambutan

Bukittinggi - Kapten Inf Chairul Muhammad (Pasi Ter) Kodim 0304/Agam, Sabtu (6/3/2021) di markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0304/Agam menjelaskan, bahwa Rabu (3/3/2021) telah diadakan kegiatan pelaksanaan uji coba “Aplikasi Hallo Babinsa” oleh SDIRLITBANG Pusterad di Aula Kodim 0304/Agam Jalan Sudirman Kota Bukittinggi.

Adapun Tim pelaksanaan uji coba Aplikasi Hallo Babinsa terdiri dari Kolonel Inf Adam Suwarno P, Sos. MM (Kasubdid Sedirlitbang Seterad), Kapten Inf Supriyanto (Kaur Sedirlitbang Pusterad), Alfita Askia Ardana (Tehnisi uji Coba Halo Babinsa).

Turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu Letkol Arh Yosip Brozti Dadi,Se,MTr(Han) (Dandim 0304/Agam), Rahmat (Kasi Apk Kominfo Kota Bukittinggi), Kapten Inf Chairul Muhammad (Pasi Ter Kodim 0304/Agam), Para Danramil jajaran Kodim 0304/Agam, Perwakilan Babinsa Jajaran Kodim 0304/Agam dan Mitra Karib Babinsa Jajaran Kodim 0304/Agam.

Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad) TNI AD Wisnoe PB Letnan Jenderal TNI dalam sambutannya yang dibacakan Kolonel Inf Adam Suwarno P, Sos. MM (Kasubdid Sedirlitbang Seterad) menjelaskan pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkan saya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0304/Agam, yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan uji coba aplikasi Hallo Babinsa program kerja Pusterad, khususnya Bidang Penelitian dan Pengembangan TA 2021.

Babinsa merupakan unsur pelaksana di tingkat Komando Rayon Militer yang bertugas melaksanakan pengumpulan data geografi, demografi, kondisi sosial dan potensi nasional meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, dan prasarana di wilayahnya.

Untuk itu, Babinsa selaku ujung tombak binter TNI AD terdepan, harus di siapkan secara profesional dan proposional, dengan didukung perangkat teknologi informasi yang memadai. untuk memperoleh kecepatan dan keakuratan dalam pelaporan Babinsa maupun Satkowil tersebut, maka perlu adanya sebuah sarana komunikasi yang memadai sesuai perkembangan ilmu dan teknologi berupa aplikasi yang dapat terhubung antara masyarakat dengan babinsa ataupun satuan komando kewilayahan.

Aplikasi ini merupakan keterpaduan dari tiga aplikasi untuk babinsa dan web monitoring Satkowil dari tingkat Koramil, Kodim, Korem, Kodam dan Mabesad. Aplikasi Hallo Babinsa versi masyarakat bertujuan untuk memudahkan masyarakat memperoleh bantuan Babinsa terdekat dalam keadaan mendesak. Aplikasi ini dilengkapi menu layanan panic button dengan dilengkapi fitur pelintasan pelaporan masyarakat melalui pesan suara gambar maupun video.

Aplikasi Hallo Babinsa versi Babinsa bertujuan untuk memperoleh informasi yang bersumber dari masyarakat secara cepat, tepat dan akurat meliputi kejadian kriminalitas, bencana alam, kesehatan maupun sosial. versi babinsa ini dilengkapi dengan pintasan aksi peta kejadian dan status penanganan kejadian sehingga memudahkan babinsa untuk menuju lokasi kejadian dan melaporkan kejadian secara berjenjang. Melalui aplikasi ini setiap kejadian baik bersumber dari masyarakat maupun pelaporan Babinsa akan mudah di ketahui dan di monitor oleh Danramil, Dandim, Danrem, Pangdam, bahkan sampai Danpusterad dan bapak Kasad, ucap Kolonel Inf Adam Suwarno.

Sementara itu Dandim 0304/Agam, Letkol Arh Yosip Brozti Dadi,Se,MTr(Han) mengatakan Hallo Babinsa ini sangat bagus sekali, dan mendukung dalam giat uji coba Hallo Babinsa selain mempermudah juga membantu masyarakat dalam melaporkan setiap kejadian yg terjadi di wilayah Desa ata Nagari, ungkap Dandim 0304/Agam. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar