News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Silaturahmi Komunitas Pesona Ayam Hias Minangkabau Sambut Ramadhan 1442 H/2021 M

Silaturahmi Komunitas Pesona Ayam Hias Minangkabau Sambut Ramadhan 1442 H/2021 M

Keterangan foto : foto bersama komunitas ayam hias minangkabau

RMT, Bukittinggi : Berbagai macam cara dilakukan baik perorangan maupun secara kelompok dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, lain halnya dengan peternak unggas dan pecinta ayam hias yang tergabung satu wadah Komunitas Pesona Ayam Hias Minangkabau Sumatera Barat menggelar acara satu ikatan kekeluargaan sesama anggota yang dikemas dalam "Silaturahmi dan pameran ayam hias Nusantara dan Mancanegara."

Acara ini diselenggarakan di objek wisata Ngarai Sianok, Minggu (11/4/2021) dihadiri puluhan peternak unggas dan pecinta ayam hias se Sumatera Barat dengan memamerkan ayam hias dari Nusantara dan Mancanegara dengan mengusung tema “Bumingkan Ayam Endemik Sumatera di Indonesia”.

Fipinal Penasehat Komunitas Pesona Ayam Hias Minangkabau Sumatera Barat yang akrab disapa pak Pin peternak ayam langka jenis ayam randah batu menjelaskan, kini sudah mulai beragam jenis-jenis ayam hias, beragam pula ukuran badan ayam-ayam hias. 

"Kami ingin menaikan atau membumingkan ayam endemik dari Sumatera Barat, yang menjadi pertanyaan apa yang sudah dikenal orang tapi belum juga muncul di permukaan adalah ayam kukuk balengge, ayam randah batu dan ayam sijantung bagomba bauk.
Ini semuanya belum populer, sementara itu plasma nupah sumbernya dari Sumatera Barat, kenapa pengetahuan tentang itu kurang, kenapa tidak mau dan kenapa terlambat untuk membumingkannya. Jadi kami di komunitas pesona ayam hias ingin mempopulerkan dan melestarikan jenis-jenis ayam hias termasuk ayam hias endemik dari Sumatera Barat," ucapnya

Sementara itu Yunaidi Dt Mangkudun ketua Komunitas Pesona Ayam Hias Minangkabau Sumatera Barat mengatakan acara ini perdana diadakan silaturahmi sesama anggota sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M, sebelumnya pertemuan-pertemuan ini sudah ada yang dilakukan para pemula. Tapi kita ingin lebih membangun rasa persaudaraan, kekompakan, silaturahmi sesama penghobi ayam hias.

Dalam komunitas tidak mengutamakan uang sebaliknya kita mengutamakan solidaritas kekeluargaan, kami berusaha merangkul sebanyak mungkin anggota. Setelah itu berusaha untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum tentang peranan ayam hias di Sumatera Barat, karena pengetahuan masyarakat tentang ayam hias Sumatera Barat belum begitu mendapat perhatian.

"Dalam hal ini kita ingin memperkenalkan ayam hias dari Sumatera Barat juga bagus-bagus disamping ayam hias impor dari luar negeri, seperti ayam dari Tibet, India, Amerika dan negara lainnya. Dari ayam hias ini sendiri dapat sebagai aset pariwisata di Sumatera Barat, begitu juga wacana akan memperkenalkan kepada generasi muda pelajar mengenai edukasi tentang ayam hias sebagai tambahan pelajaran di sekolah," ungkapnya

Sedangkan Arief Muchlas Alia Ketua pelaksana silaturahmi dan pameran ayam hias Nusantara dan mancanegara yang juga penghobi ayam hias jenis ayam Brahma dari India, menjelaskan kegiatan ini adalah untuk memperkuat hubungan silaturahmi rasa kekeluargaan kawan-kawan anggota komunitas pesona ayam hias Minangkabau, kami yakin untuk kedepan progres kegiatan akan lebih dimaksimalkan dalam bentuk acarakah ataupun materi-materi yang dihadirkan.

"Salah satu visi misi komunitas pesona ayam hias adalah untuk mengangkat jenis-jenis ayam endemik khususnya di Sumatera Barat, fokus kami sebenarnya untuk bisa dikembangkan jenis-jenis ayam endemik Sumatera Barat guna diperkenalkan kepada masyarakat umum. jadi secara langsung masyarakat dapat mengetahui jenis-jenis ayam endemik Sumatera Barat," pungkasnya. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar