News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sejajarkan Pelayanan Kesehatan Dengan Ilmu Keperawatan

Sejajarkan Pelayanan Kesehatan Dengan Ilmu Keperawatan

Keterangan foto : Fadhilah Khairunnisa diapit rekan satu kampus dan Afdal relawan senior PMI Kota Bukittinggi


Bukittinggi, Fadhilah Khairunnisa mahasiswi semester 4 Program Pendidikan D3 keperawatan Stikes Yarsi Kota Bukittinggi, Sabtu (22/5/2021) mengatakan, tertarik mengikuti pelatihan Kors sukarela (KSR) relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, menjadi anggota KSR adalah spontan saja tidak ada dipengaruhi teman.

Pada KSR relawan PMI Kota Bukittinggi, apa yang dilakukan adalah sejajar dengan ilmu yang didapat di perkuliahan. Jadi dengan bergabungnya menjadi anggota KSR mendapatkan ilmu secara langsung dalam memberikan bantuan dan pertolongan kemanusiaan, seperti halnya mengobati serta merawat korban yang terluka, korban yang pusing kepala diakibatkan tensi turun dan lainnya.

Lebih lanjut dikatakannya sebelum memasuki bekerja sebagai seorang perawat, haruslah memahami dan mengerti bagaimana cara merawat pasien di rumah sakit nantinya. Seorang perawat rumah sakit tidaklah hanya merawat pasien begitu saja, tapi secara psiokologi harus juga ramah dengan pasien. Karena keramahtamaan dalam merawat pasien dapat membuat pasien senang begitu juga keluarga pasien, kata Fadhilah anak pertama dari tiga bersaudara.

Fadhilah yang tinggal di seputaran Palupuh Kabupaten Agam bersama kedua orangtuanya dan adik-adiknya, kelak bercita-cita menjadi seorang perawat profesional, tentunya melalui ilmu keperawatan yang dipelajarinya ditambah dengan praktek lapangan langsung dengan PMI Kota Bukittinggi dibimbing kakak-kakak yang sudah mahir dalam melakukan pertolongan pertama.

Mengenai relawan PMI Kota Bukittinggi, Fadhilah menjelaskan anggota KSR dan TSR relawan PMI Kota Bukittinggi yang sudah terlatih menolong dan membantu kemanusiaan siap melakukannya dalam 24 jam, PMI bergerak tanpa batas dalam membantu dan menolong kemanusiaan.

Dengan hastag yang ada di tubuh PMI yaitu “PMI Siap Bantu,” “PMI Bersama Untuk Kemanusiaan.” Secara naluri relawan didorong jiwanya untuk bersama dalam kemanusiaan. Patut mendapat acungan jempol, bahwasannya relawan dalam menunaikan tugasnya tanpa pantang menyerah sebelum melakukan pertolongan pertama pada korban sebelum dibawa ke rumah sakit,"jelasnya.

Gerakan PMI Kota Bukittinggi yang peduli kepada masyarakat, menolong dan membantu masyarakat dalam musibah bencana alam seperti banjir, tanah longsor maupun musibah bencana non alam seperti kebakaran, dan menanggulangi hewan liar seperti ular dan lebah.

Menjadi anggota KSR relawan PMI Kota Bukittinggi bahwa yang menjadi dasar utama dalam suatu pekerjaan adalah niat, lalu kemampuan, keahlian dan keterampilan. Ini semua dikemas menjadi satu sehingga menjadikan profesional, diakuinya tidaklah mudah mengemas hal tersebut, kalau tidak dipelajari dengan seksama, pungkasnya. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar