News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wawako, Kapolres, Dandim 0304 Agam dan Ketua PMI Provinsi Sumbar Berikan Apresiasi Kepada PMI Kota Bukittinggi

Wawako, Kapolres, Dandim 0304 Agam dan Ketua PMI Provinsi Sumbar Berikan Apresiasi Kepada PMI Kota Bukittinggi


Keterangan foto : Wakil Wali Kota Bukittinggi, Kapolres Bukittinggi dan Dandim 0304 Agam saat meninau posko kesehatan PMI Kota Bukittinggi

Bukittinggi, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, H.Chairunnas, melalui kepala markas Ahmad Jais, Sabtu (22/5/2021) di posko kesehatan PMI Kota Bukittinggi menjelaskan, dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 H tepatnya tanggal 11 Mei 2021, Wakil Wali Kota Bukittinggi H.Marfendi beserta Kapolres Bukittinggi AKBP. Dody Prawiranegara, S.H., S.I.K., M.H dan Dandim 0304 Agam Letkol Arh Yosip Brozti Dadi, SE, M.Tr (Han) mengunjungi posko kesehatan PMI Kota Bukittinggi yang berada di depan pedestrian taman Jam Gadang guna melihat secara langsung persiapan dalam bertugas menghadapi kunjungan masyarakat merayakan dan pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Kota Bukittinggi.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Kapolres Bukittinggi dan Dandim 0304 Agam merespon baik dan mengapresiasi terhadap PMI Kota Bukittinggi, Wawako Bukittinggi meminta agar ruangan laktasi ditutup rapi agar lebih nyaman. Setiap tahun PMI Kota Bukittinggi bersinergi dengan Polres Bukittinggi dalam pelayanan kepada masyarakat.


Keterangan foto : Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat H.Aristo Munandar beserta ibu di posko kesehatan PMI Kota Bukittinggi

Posko kesehatan PMI Kota Bukittinggi selain dikunjungi Wakil Wali Kota Bukittinggi beserta Kapolres dan Dandim 0304 Agam, juga dikunjungi ketua PMI Provinsi Sumatera Barat H.Aristo Munandar beserta ibu saat berada di Kota Bukittinggi dan ini merupakan suatu kehormatan tersediri bagi PMI Kota Bukittinggi.

Aristo Munandar sangat mendukung kegiatan PMI Kota Bukittinggi dan berharap PMI Kabupaten Kota lainnya dapat melaksanakan kegiatan yang dilakukan PMI Kota Bukittinggi, Aristo Munandar pun memberikan saran kepada PMI Kota Bukittinggi untuk melayani masyarakat dengan baik, ramah dan penuh senyuman sehingga keberadaan PMI itu benar-benar dirasakan masyarakat di Kota Bukittinggi, jelas Ahmad Jais.

Keterangan foto : Anggota KSR memberikan pertolongan pertama di Posko kesehatan PMI Kota Bukittinggi

Ditempat terpisah Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, H.Chairunnas mengatakan bahwa PMI bergerak untuk kemanusiaan tanpa birokrasi, ini diatur oleh Undang-Undang No 1 Tahun 2018 yang menyatakan bahwa tugas pokok PMI untuk pengabdian dan layanan kepada masyarakat dan kemanusiaan yang lebih baik.

Dan juga dijelaskan pada butir e bahwa kegiatan kemanusiaan berupaya untuk mendukung tujuan negara dalam melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia untuk menciptakan ketertiban dunia dan berkeadilan sosial.

Keterangan foto : Relawan PMI Kota Bukittinggi memberikan bantuan medis pengukuran tensi darah kepada pengunjung

Mudah-mudahan warga masyarakat Kota Bukittinggi bisa lebih mencintai PMI, karena PMI adalah membantu program Pemerintah Kota. Program Wali Kota sendiri yang peduli dengan kehidupan masyarakat, sebenarnya sudah menyambung dengan PMI Kota Bukittinggi yang juga peduli terhadap kemanusiaan. 

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar sebagai pelindung PMI Kota Bukittinggi ini akan memberikan sinergi yang positif untuk kemaslahatan umat, PMI bergerak tanpa batas dan tanpa pamrih membantu dan menolong kemanusiaan. Sesuai dengan slogan “PMI Siap Bantu”, “PMI Bersama Untuk Kemanusiaan.”


Keterangan foto : Relawan PMI Kota Bukittinggi di depan posko kesehatan

Dalam memutus mata rantai COVID-19 di Kota Bukittinggi dan sekitarnya, PMI Kota Bukittinggi melalui relawan-relawan menyemprot desinfektan di rumah warga masyarakat, rumah sekolah, rumah ibadah, pasar-pasar dan tempat-tempat keramaian objek wisata. Mempromosikan protokol kesehatan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan COVID-19 yaitu 3M dengan spanduk, baliho, dan pengeras suara berkeliling Kota Bukittinggi. Relawan mengingatkan masyarakat jika kedapatan masyarakat yang tidak memakai masker dan langsung memberikan masker agar dipakai.

Selain itu PMI Kota Bukittinggi memberikan pelayanan prima dan kendaraan ambulace gratis kepada masyarakat di Kota Bukittinggi dan masyarakat luar Kota Bukittinggi.

Dengan gerakan cepat relawan-relawan tiba di tempat suatu musibah dengan kendaraan operasional dan ambulance yang lengkap dengan peralatan di dalamnya, relawan-relawan ini sudah terlatih dengan maksimal dalam memberikan pertolongan pertama dan bantuan medis,"ucap Chairunnas.

Sementara itu Ahmad Jais kepala markas PMI Kota Bukittinggi mengatakan, sesuai juga dengan undang-undang yang diamanahkan PMI, salah satunya kita harus mendukung program Pemerintah dimana PMI itu berada. Maka dari itu dalam rangka mendukung program Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi menuju “Bukittinggi Hebat”, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi mendukung penuh program tersebut, salah satunya berusaha untuk memberikan kenyamanan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berkunjung ke Kota Bukittinggi.

Setelah mengadakan rapat koordinasi dan apel persiapan siaga lebaran di Mapolres Kota Bukittinggi tanggal 6 Mei 2021, PMI Kota Bukittinggi langsung membuka posko kesehatan di depan pedestrian taman Jam Gadang hingga tanggal 23 Mei 2021, sekiranya Pemko Bukittinggi masih membutuhkan pelayanan kesehatan, PMI Kota Bukittinggi siap untuk meneruskannya. Alasannya membuka di depan pedestrian taman Jam Gadang adalah tujuan pertama pengunjung ke Kota Bukittinggi adalah pedestrian taman Jam Gadang yang merupakan ikon Kota Bukittinggi.

Pergerakan inipun kata Ahmad Jais karena adanya bantuan dana hibah untuk PMI Kota Bukittinggi yang diberikan Wali Kota Bukittinggi, sekiranya tidak ada bantuan dana hibah. PMI Kota Bukittinggi akan mati suri dan tidak bisa bergerak melayani masyarakat dengan maksimal, adapun dalam pelayanan kesehatan PMI Kota Bukittinggi melakukan pelayanan sebaik mungkin dan juga dalam posko kesehatan lengkap dengan peralatan medis, ruangan laktasi (ibu menyusui) dan 2 unit kendaraan ambulance yang siap melayani jika ada yang perlu diantarkan pulang ke rumahnya atau dibawa ke rumah sakit.

Mengenai personil piket jaga di posko kesehatan adalah relawan-relawan yang sudah terlatih dalam memberikan pertolongan pertama, untuk pelayanan kesehatan di dalam posko rata-rata masyarakat pengunjung yang kelelahan dan langsung diperiksa tensinya, luka-luka terpeleset langsung diberikan pengobatan, dan juga memberikan pelayanan kendaraan ambulance gratis untuk mengantar pasien dari rumah tempat tinggal ke rumah sakit atau sebaliknya dari rumah sakit ke rumah tempat tinggal, pungkas Ahmad Jais. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar