News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

IKKS Memperkokoh Ukhuwah Islamiyah Dalam Pertemuan Bulanan

IKKS Memperkokoh Ukhuwah Islamiyah Dalam Pertemuan Bulanan

Keterangan foto : Keluarga besar IKKS Kota Bukittinggi sekitarnya foto bersama

RMT, Bukittinggi: Nagari Kamang Hilir merupakan nagari bersejarah tonggak pergolakan masyarakat melawan penjajah di masa sebelum kemerdekaan NKRI yang disebut "Perang Kamang 1908”, sejarah ini pun tidak dapat dilupakan oleh seluruh masyarakat nagari Kamang Hilir khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Guna melekat kekeluargaan satu dengan lainnya, warga masyarakat perantau nagari Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam yang berada di Kota Bukittinggi sekitarnya tergabung dalam satu wadah kekeluargaan dinamakan “Ikatan Keluarga Kamang Saiyo (IKKS)” setiap bulannya mengadakan pertemuan silaturahmi kekeluargaan.

Keluarga besar Ikatan Keluarga Kamang Saiyo (IKKS) Kota Bukittinggi sekitarnya mengadakan pertemuan bulanan sekaligus bersilaturahmi di bulan Syawal 1442 H/2021 M yang lazim disebut Halal bi halal bertempat di rumah Dr.Ihsan Husain/Neni Yulmira di kawasan By Pass, Minggu (30/5/2021) dan acara itu pun diisi tausiah oleh Ustadz Akmal Abdullah Lc.

Eryanson ketua IKKS Kota Bukittinggi sekitarnya, menjelaskan kegiatan pertemuan bulanan ini tetap berlanjut dilakukan, dan pada kesepakatan bersama seluruh keluarga besar IKKS bahwa pertemuan bulanan yang kini dilangsungkan di rumah Dr.Ihsan Husain/Neni Yulmira. Alhamdulillah pada pertemuan kini banyak yang hadir.

Keterangan foto : Bundo Kanduang dan generasi penerus IKKS Kota Bukittinggi sekitarnya

Acara ini tidak lebih dari silaturahmi kekeluargaan dunsanak IKKS Kota Bukittinggi sekitarnya, karena lah lamo inda basuo dunsanak Kamang Hilia kasadonyo (sudah lama tidak bertemu kekeluargaan Kamang Hilir semuanya). Maka disinilah kita dapat saling bertemu semuanya, dengan bertemunya kita akan saling mengetahui kekeluargaan Kamang Hilir yang ada di Kota Bukittinggi sekitarnya, ucap Eryanson.

Lebih lanjut disampaikannya, di dalam kekeluargaan IKKS tidak adanya ikatan yang memberatkan keluarga besar IKKS, seperti halnya julo-julo (arisan), hal ini tidak mengikat kekeluargaan dan arisan tidak suatu keharusan. Tapi yang terpenting dalam suatu pertemuan bulanan adalah silaturahmi keluarga besar IKKS.

Jika kita kumpul bersama, ada yang saling mengingatkan dan juga dapat kita sama-sama pula mengerjakan. Sampai saat ini yang tercatat dan terdata keluarga besar IKKS Kota Bukittinggi sekitarnya sebanyak 100 kepala keluarga, mudah-mudahan silaturahmi ini tetap berjalan dan juga adanya kemungkinan pemikiran-pemikiran semuanya keluarga besar IKKS yang disampaikan dalam setiap pertemuan masalah nagari Kamang Hilir yang sekiranya sama-sama dapat dikerjakan, jelasnya.

Sementara itu Rismal Hadi seorang pengurus IKKS dalam sambutannya mengatakan Alhamdulillah pada kesempatan pertemuan bulanan ini puluhan keluarga Kamang Hilir yang berada di Kota Bukittinggi sekitarnya datang menghadiri dan juga membahas masalah-masalah IKKS kedepannya, tentunya kita sama-sama berharap pertemuan bulanan ini bisa berlangsung terus dan dapat dihadiri lebih banyak lagi dunsanak keluarga besar IKKS Kota Bukittinggi sekitarnya, ungkap Rismal hadi.

Sedangkan Ustadz Akmal Abdullah Lc pada tauziahnya menjelaskan kita berharap semoga Allah akan senantiasa memberikan keberkahan kepada kita dan mudah-mudahan kita yang hadir mendapat keredhaan dari Nya, kita sebagai hamba Allah yang banyak bersyukur atas pemberian nikmat Allah. Kita juga bersyukur meskipun kadang-kadang ada diantara perintah Allah yang kita tinggalkan atau mungkin di antara larangan Allah yang diperbuat oleh kita, tapi Allah tidak pernah menghentikan nikmat kepada kita.

Dilandasi berdasarkan firman Allah dalam surat Ibrahim (14) ayat 7 yang artinya: “Barang siapa yang bersyukur atas nikmat yang telah Aku (Allah) berikan, maka akan Aku tambahkan nikmat itu kepadanya. Namun barang siapa yang kufur nikmat, maka ingatlah bahwa siksa Allah itu amat pedih.” Ucapnya.

Selesai acara Dr. Ihsan Husain mengatakan Alhamdulillah pada pertemuan bulanan ini banyak keluarga besar IKKS yang hadir, dan Dr. Ihsan Husain pun minta maaf kepada dunsanak keluarga besar IKKS Kota Bukittinggi sekitarnya jika ada kekurangan yang tidak pada tempatnya. Sekironyo kok kurang asam garamnyo iyolah sabana minta direlakan jo dimaafkan (sekiranya ada kurang asam garamnya, minta direlakan maaf). (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar