News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Marandang Kopi Bukik Apik Primadona Unggulan Kota Bukittinggi

Marandang Kopi Bukik Apik Primadona Unggulan Kota Bukittinggi

Keterangan foto : Ketua LPM Kelurahan Bukik Apik Puhun Hendra Eka Putra St.Rky Mulia


RMT, Bukittingg: Disetiap daerah pasti mempunyai suatu kebanggaan unggulan tersendiri, seperti halnya Marandang biji kopi yang ada di Kelurahan Bukik Apik Puhun Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi. Mayoritas masyarakat di daerah ini sudah secara turun menurun, beraktifitas “Marandang biji kopi dan penggilingan biji kopi”.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Bukik Apik Puhun, Hendra St.Rky.Mulia, Minggu (6/6) mengatakan komoditas unggulan berupa marandang kopi ini sudah mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi berupa pembinaan pelaku usaha secara berkesinambungan,  baik berupa pembuatan packing, labeling sampai dengan bantuan peralatan pengolahan biji kopi itu sendiri.

Sehingga dengan adanya penyempurnaan packing dan labeling produk yang di buat dapat merambah pasar lokal maupun ekspor, dan tidak jarang juga bubuk kopi ini dijadikan sebagai buah tangan untuk tamu dan wisatawan yang datang ke Kota Bukittinggi.

Di era Pandemi COVID-19 saat ini, aktifitas perekonomian masyarakat maupun pelaku UMKM yang ada di Kelurahan juga sangat berpengaruh, apalagi dengan adanya pembatasan-pembatasan aktifitas sosial kemasyarakatan, dan bahkan sampai dengan adanya pembatasan anggaran/refocusing oleh Pemerintah Daerah yang di alihkan untuk penanganan COVID-19.

Sebelum wabah COVID-19 sudah banyak perhatian Pemda Kota Bukittinggi memberikan dorongan kepada pelaku UMKM marandang kopi di Bukik Apik Puhun. Pemda Kota Bukittinggi melalui instansi SKPD terkait mengalokasikan dana untuk pengadaan alat-alat marandang kopi, juga alat packing sebagai kemasan hasil marandang kopi, bahkan sampai dengan pelatihan-pelatihan UMKM Kelurahan.

Bukik Apik Puhun yang terkenal dengan tradisi marandang kopi, merupakan modal dan potensi besar untuk pariwisata Kota Bukittinggi, tapi sangat disayangkan sampai saat ini belum ada semacam tempat yang terlokalisasi untuk penjualan hasil (produk) bubuk kopi.

Bubuk kopi Bukik Apik Puhun telah banyak dikenal di seluruh wilayah NKRI dan Mancanegara, karena bubuk kopi Bukik Apik mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu aroma dan rasanya.

Disampaikan Hendra St.Rky.Mulia, dalam beberapa kali pertemuan di jajaran LPM Kelurahan Bukik Apik Puhun, dan bersama-sama dengan tokoh masyarakat lainnya untuk bersama-sama memikirkan solusi mewujudkan ruangan penjualan (showroom) bubuk kopi Bukik Apik, dengan memanfaatkan lahan Nagari yang tentunya dengan persetujuan Niniak Mamak dan masyarakat Bukik Apik.

Dengan adanya tempat/lokalisasi penjualan dan promosi produk-produk UMKM Kelurahan terutama bubuk kopi, yang pada akhirnya akan meningkatkan ekonomi kemasyarakaan di lingkungan Kelurahan Bukik Apik.

Apabila kondisi pandemi ini dapat segera berakhir, kami sangat berharap kepada Pemerintah Daerah dan DPRD untuk merealisasikan pembuatan ruangan penjualan (showroom) tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya, selain daerah penghasil bubuk kopi yang sangat terkenal, wilayah Kelurahan Bukik Apik masih banyak menyimpan potensi lain dalam hal menunjang predikat Kota Bukittinggi sebagai Kota Wisata, yang salah satunya adalah Koto Barangai, mempunyai view alam yang sangat indah dan elok. Pada tahun 2019 sudah mulai dirintis untuk perencanaan lokasi Agro Wisata dengan melibatkan masyarakat lingkungan serta masyarakat yang punya lahan untuk dijadikan lokasi Koto Barangai sebagai salah satu objek kunjungan Wisata Alam di Kota Bukittinggi.

Hendra St.Rky.Mulia yang akrab dengan wartawan peliputan Kota Bukittinggi berharap akan dapat dilaksanakan program rencananya setelah usainya pandemi COVID-19, harapnya. (ISB/TJ)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar